Tanya Dokter

  • terdapat dua benjolan di leher samping

  •  jasson
    Anggota

    Dok, saya mau tanya.. Usia saya 24 tahun.. Di leher samping kanan bawah saya terdapat 2 benjolan yang sangat berdekatan itu dulunya kecil tapi karna saya sering peggang skrng udah agak membesar tapi skrng sudah tidak membesar Lagi... Benjolan tersebut hanya di bawa kulit.. Udah 1 Thn lebih benjolan gitu2 terus Jadi kalau di pegang bisa digerak gerakan tapi tidak sakit dok, apakah itu tumor Atau kanker ?

    Hai, Benjolan pada leher dapat timbul akibat berbagai macam sebab. Berikut merupakan beberapa contoh penyebab terjadinya benjolan pada leher :

    1. pembengkakan kelenjar getah bening
    2. pembengkakan kelenjar saliva (kelenjar liur)
    3. pembengkakan tiroid / gondok
    4. lipoma
    5. kista
    6. kanker nasofaring
    7. dan lainnya
    Anda dapat membaca diskusi lebih lengkap mengenai keluhan serupa disini : benjolan di leher Agar dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab dari benjolan yang Anda alami, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Dokter akan menanyakan lebih lanjut mengenai riwayat benjolan, melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, dan pemeriksaan lain yang dibutuhkan seperti cek lab darah, x-ray, CT scan, dan biopsi. Penanganan yang diberikan untuk keluhan yang Anda alami akan tergantung kepada apa yang menjadi penyebabnya.   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari

    jasson  Daniel Chris
    Anggota

    Kmren sy jg sdh cek lab dan darah dok kta dokter sy kena bronkitis nah yg benjolan d leher it d anjurkan u d bedah,tp sy tkut dok bgaimana cra pnymbuhan total tnp bedah?

    Hai, Bronkhitis merupakan suatu kondisi peradangan, umumnya karena infeksi, yang terjadi pada saluran udara yang menuju paru-paru (bronkhus). Bronkhitis sendiri tidak berpengaruh secara langsung pada leher. Namun, akibat bronkhitis kadangkala dapat terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher. Pembengkakan kelenjar getah bening yang terjadi pada kasus bronchitis umumnya dapat mereda jika bronchitis telah teratasi. Pada pembengkakan kelenjar getah bening tindakan bedah mungkin dibutuhkan untuk melakukan biopsi untuk membantu penegakan diagnosis. Namun, jika pembengkakan tersebut terjadi karena hal lain selain pembengkakan getah bening, atau pembengkakan getah bening yang terjadi diluar sebab infeksi, maka operasi pembedahan mungkin menjadi pilihan terapi yang terbaik, tergantung penyebabnya. Sebaiknya tanyakan pada dokter Anda secara langsung apakah penyebab dari benjolan di leher tersebut. Jika Anda tidak menginginkan tindakan bedah sebaiknya juga kembali diskusikan dengan dokter yang memeriksa Anda secara langsung mengenai pilihan terapi lainnya. Salam, dr. Dian Paramitasari