Tanya Dokter

  • Muncul benjolan di leher disertai pilek dan sakit saat menelan

  • Alo dok. Mau tanya nih dileher sya ada benjolan disblah kanan, dan sangat kelihatan kalau menelan. Udah hampir 3 minggu benjolannyaa muncul dan sekarng saya lagi pilek dan kalau menelan ada rsasakit sampai ke telinga pdahal waktu sebelum pilek gk ada rasa sakit saat mnelan. Kira2 itu penyakit apa yah Dok? Apa itu tanda penyakit seriuss? Mohon jawabanya Dok. Trimah kasih

    Hai Rahma,

    Benjolan di leher adalah salah satu keadaan yang banyak terjadi di masyarakat. Penyebab benjolan di leher ini umumnya tidak berbahaya namun sebaiknya tetap dilakukan pemeriksaan dan tetap waspada akan gejala yang menyertai.

    Benjolan di leher dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan berikut ini:

    - Pembengkakan kelenjar tiroid

    - Pembengkakan kelenjar getah bening yang bisa terjadi saat tubuh sedang mengalami infeksi seperti infeksi tenggorokan, infeksi gigi, pilrk, TBC, dll

    - Kista

    - Batu di kelenjar ludah

    - Skin tag atau pertumbuhan kulit yang berlebihan

    - Kanker

    Kemungkinan besar benjolan di leher Anda yang Anda alami saat ini adalah karena adanya infeksi yang sedang terjadi di organ pernafasn Anda sehingga Anda pun mengalmai gejala lain seperti pilek, nyeri menelan yang merupakan gejala dari infeksi virus yang terjadi di saluran nafas. Infeksi virus pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan meningkatnya kekebalan tubuh Anda. Namun sebaiknya Anda mewaspadai gejala seperti di bawah ini:

    - Benjolan yang tidak kempes sampai setahun

    - Benjolan semakin membesar

    - Benjolan mengeras dan tidak bergerak jika disentuh

    - Benjolan yang terjadi disertai dengan demam sesak nafas, benjolan nyeri, sulit menelan, penurunan berat badan, nafsu makan menurun, suara serak, adanya darah pada liur, perubahan kulit.

    Untuk memastikan penyebab dari benjolan yang Anda alami sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar dokter dapat memeriksa langsung benjolan di leher Anda dan melakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, X-Ray, USG, CT Scan dan pemeriksaan lainnya jika diperlukan sehingga dokter dapat memberikan Anda pengobatan yang tepat.

    Anda juga sebaiknya melakukan tips-tips di bawah ini:

    - Makan secara teratur dengan mengkonsumsi makanan tinggi gizi dan nutrisi

    - Mengkonsumsi ar mineral minimal 2 liter dalam 1 hari

    - Melakukan olahraga rutin 3 kali dalam 1 minggu

    - Hindari memencet benjolan yang ada

    - Mengompres benjolan dengan kompres hangat

    Anda juga dapat membaca artikel di bawah ini:

    Benjolan di leher

    Semoga bermanfaat

    dr. Yosephine