Tanya Dokter

  • benjolan sebesar kacang yang keras di leher

  •  pradnya
    Anggota

    selamat malam dok, saya kade berumbur 17 tahun. saya ingin bertanya tentang benjolan yang terdapat dileher saya dan besarnya sekitar biji kacang hijau, benjolan tersebut keras dan kalau dipencet rasanya cukup sakit, akan tetapi, saya TIDAK merasakan ada gejala-gejala lain seperti deman, susah menelan dan lainnya.  saya merasa bahwa saya sehat-sehat saja. tetapi dokter spesialis bedah mengatakan saya terkena infeksi pada KGB. apakah itu berbahaya dok? mengingat benjolan ini sudah ada sejak lebih dari 3 bulan yang lalu tepat saat saya sembuh dari sakit saya (pembengkaan pada kelenjar saya seperti gondongan).  mohon bantuannya dok. terimakasih. :)

    <noscript>activate javascript</noscript>

    Halo, Benjolan di leher sekarang memang menjadi momok yang menakutkan di masyarakat. Tetapi perlu diketahui apa saja yang sering menjadi penyebab munculnya benjolan di leher. Beberapa hal penyebab benjolan di leher :

    Pembengkakan kelenjar getah bening sendiri memang merupakan penyebab terbanyak dari munculnya benjolan di leher. Kelenjar getah bening (KGB) merupakan salah satu organ pertahanan tubuh yang terisi banyak sel darah putih. Jika tubuh mengalami infeksi, maka KGB akan mengalami pembesaran. Jika penyebab infeksinya sudah hilang atau pulih, maka benjolan ini akan mengecil dengan sendirinya. Infeksi pada KGB seringkali disebabkan oleh virus. Beberapa hal lain penyebab pembengkakan KGB adalah infeksi bakteri, demam kelenjar atau gondongan, penyakit autoimun, dll. Hal-hal yang harus diwaspadai adalah jika :
    • Benjolan semakin membesar perlahan
    • Berat badan menurun drastis
    • Benjolan teraba keras
    • Benjolan tidak dapat digerakkan
    Anda berhak untuk mendapatkan second opinion atau pendapat kedua tentang keluhan yang Anda rasakan. Temui dokter Anda untuk dilakukan pemeriksaan secara lengkap. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti cek darah, foto Xray, dan CT Scan bila diperlukan. Terapi akan disesuaikan dengan penyebabnya. Jika benjolan tersebut akibat infeksi bakteri, maka dokter akan memberikan antibiotik. Tetapi jika benjolan tersebut akibat infeksi virus, maka hal yang dapat Anda lakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh Anda agar cepat pulih. Hal-hal yang dapat Anda lakukan :
    • Cukup beristirahat
    • Minum banyak air putih
    • Berolahraga secara rutin
    • Memakan makanan yang bernutrisi
    • Sering mencuci tangan bila habis berpergian
    • Melakukan vaksinasi MMR untuk mencegah terjadinya kembali gondongan
    Berikut artikel yang dapat Anda baca tentang pembengkakan KGB Semoga membantu, dr. Tri

    pradnya  pradnya
    Anggota

    saya disarankan untuk meminum antibiotik, akan tetapi saya alergi dengan antibiotik tersebut. kira-kira dok , jika saya membiarkannya saja tanpa diobati dan intirahat yang cukup, apakah benjolan tersebut akan berbahaya bagi tubuh saya?? mohon bantuannya dok.. dan terimakasih :) <noscript>activate javascript</noscript>

    Hi, Jika benjolan yang Anda alami akibat infeksi virus, dengan istirahat yang cukup maka akan pulih dengan sendirinya. Lain halnya jika benjolan yang Anda alami adalah akibat infeksi bakteri, pemberian antibiotik akan sangat membantu pemulihan. Jika memang Anda alergi terhadap antibiotik tersebut, disarankan untuk kembali lagi menemui dokter Anda untuk mendiskusikan pemberian antibiotik yang tepat untuk Anda. Salam, dr. Tri

    pradnya  pradnya
    Anggota

    terimakasih dok atas segala jawabannya, maaf saya sudah merepotkan. terimakasih . :)   <noscript>activate javascript</noscript>

    pradnya  Amrull Hakim
    Anggota

    sya mempunya benjolan di leher dan sy sdah jlani brobat jlan slama 6 bulan itu bahkan sudh sampai 1 thn sya brobat ... dan akhirnya bisa hilang.. tpi knpa malah ad tumbuh lgi 2 .. sya jdi lanjut brobat .. tpi sya dsruh operasi sma dokternya..apakah ada jln slain bukan operasi ya...trimaksi..