Tanya Dokter

  • merasa sedang bermimpi dan merasa bukan diri sendiri

  •  fadhil231
    Anggota
    Selamat siang, dok Saya Fadhil 15 tahun Sudah 3,5 bulan ini saya ada pikiran-pikiran dan pertanyaan aneh, seperti 'hanya saya yang hidup di dunia ini''dunia ini hanya ilusi'saya sedang bermimpi''mengapa saya sadar?' dan ketika diberi pencerahan atau jawaban atas pertanyaan saya, saya merasa dibohongi dok, saya jadi tidak percaya dengan orang lain, saya merasa dunia ini hanya hasi proyeksi otak saya(seperti di mimpi) dan jantung saya sering berdetak dengan kencang. Akhir akhir ini saya juga merasa bukan diri saya lagi, seakan akan saya sudah terputus dengan masa lalu saya, padahal saya masih ingat dengan kejadian kejadian di masa lalu. Perasaan ini sudah sangat mengganggu dok, saya jadi sering tidak masuk sekolah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Saya sudah ke psikiater dan yg hilang hanya jantung yg berdebar debar Mohon jawabannya dok.

    Halo fadhil231......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke suatu halusinasi dimana kata halusinasi sendiri merupakan turunan dari bahasa latin, alucinari === berkelana dalam pikiran. Seseorang disebut mengalami halusinasi ketika : melihat, mendengar, merasa, atau mencium aroma yang sebenarnya tidak ada.

    Kondisi yang dapat menimbulkan halusinasi diantaranya adalah : gangguan kejiwaan ( misal : skizofrenia, depresi dengan gejala psikosis, demensia, dll. ), gangguan saraf kronis ( misal : azheimer, parkinson, dll. ), demam, migrain dengan aura, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dsb.

    Kami sangat menyarankan kepada Anda untuk kembali melakukan kontrol ke Dokter / Psikiater yang pernah menangani Anda sebelumnya, karena keadaan ini tidaklah dapat secara instan hilang begitu saja. Hanya dengan pengobatan yang teratur dan tekad yang positif untuk sembuh dari Anda sendirilah yang dapat menyembuhkan keadaan ini.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari Dokter yang pernah Anda temui sebelumnya, makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, ikut dalam kegiatan sosial, bicarakan masalah Anda dengan teman atau orang yang Anda percaya agar dapat dibantu mencari solusi dan jalan keluar, Perbanyak beribadah, luangkan waktu untuk melakukan hobi Anda.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SKIZOFRENIA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati