Tanya Dokter

  • Dampak melepas kawat gigi sebelum waktunya

  •  devari
    Anggota
    Selamat siang, saya deva. Saya ingin bertanya dokter. Saya baru saja memasang behel di drg dekat lingkungan saya. Dan tidak melalui proses pencabutan gigi. dan saya merasa sangat tidak nyaman. Memang sangat di sayang kan dengan biaya yg baru saya keluarkan. Saya mohon dokter, mohon menjawab Apa ada resiko jika saya melepas behel ini setelah seminggu pemakaian?

    Hai Devari. Pemasangan behel atau kawat gigi secara umum biasanya atas indikasi perbaikan penampilan terutama untuk deretan gigi yang kurang baik serta dapat untuk memperbaiki fungsi mulut terutama jika posisi gigitan tidak baik misalnya gigi bawah yang jauh lebih renggang sehingga menjadi lebih maju dari gigi atas. Selain itu, biasanya pemasangan kawat gigi memerlukan waktu yang agak lama karena lebih bersifat jangka panjang. Namun, memang tergantung dari jenis kawat gigi yang digunakan serta indikasinya. Jika hanya untuk gigi yang bengkok memang dapat menggunakan jenis lepas pasang, namun untuk masalah seperti memperbaiki gigitan, memperbaiki beberapa deret gigi bisa menggunakan kawat permanen. 

    Jika anda melepas baru seminggu pemakaian, biasanya memang belum ada perubahan yang berarti terutama jika penggunaan kawat gigi permanen. Konsultasikan dengan dokter gigi atau ortodontis anda mengenai kondisi yang anda alami untuk informasi dan penanganan lebih lanjut. Jenis kawat gigi dan indikasinya yang berbeda tentu akan menghasilkan resiko dan manfaat yang berbeda. Konsultasikan kembali agar anda mendapatkan info yang sesuai kondisi anda. Berikut mengenai kawat gigi. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa