Tanya Dokter

  • Adakah kemungkinan hamil jika sperma keluar di luar vagina?

  •  vikaniyah
    Anggota
    Dok. saya ingin tanya ada kemungkin tidak jika berhubungan intim pada tgl 27 kemudian tgl 5 haid ada kemungkinan bisa hamil ?. karna saya kira saya tidak hamil 7 tapi di bulan kemudian saya berhubungan lg tapi saya tidak haid sperti tgl sehrsnya dan sperma keluar di luar vagina bisa hamil dengan berhubungan intim 1 hari dn ada jeda bbrapa jam . ada kemungkinan tidak dok?

    Halo vikaniyah

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    Kehamilan akan terjadi apabila terdapat pertemuan antara sperma dan sel telur. Apabila sel telur tidak dibuahi oleh sperma maka dinding rahim yang sebelumnya dipersiapkan untuk kehamilan akan luruh saat terjadinya menstruasi. Sehingga apabila telah terjadi menstruasi maka tidak ada kemungkinan untuk hamil. Begitu juga saat berhubungan yang kedua saat bulan berikutnya, ketika tidak ada proses pertemuan sperma dengan sel telur maka tidak akan terjadi pembuahan. 

    Terjadinya telat haid tidak lah selalu akan terjadi kehamilan, tetapi telat haid bisa disebabkan oleh beberapa penyebab lainnya yaitu penurunan berat badan yang terlalu cepat, sress atau cemas, kelelahan karena aktifitas yang terlalu berat, penggunaan alat kontrasepsi, Sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan gangguan hormonal. Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan atau tidak Anda dapat melakukan pemeriksaan test pack setelah 2 Minggu telat haid dan untuk lebih lengkapnya Anda bisa melakukan pemeriksaan di dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

    Selain itu beberapa hal yang dapat Anda lakukan yaitu istirahat yang cukup, hindari stress, mengonsumsi makanan yang bergizi, mencapai berat badan ideal dan hindari melakukan olah raga yang berat.

    Semoga bermanfaat, dr. Asri