Tanya Dokter

  • Penyebab sakit dada, sesak napas, dan sering sariawan

  •  Jusnimarbun
    Anggota

    Selamat sore dok...

    saya mau tau tentang diri saya apakah saya punya penyakit yang serius atau tidak.

    waktu kecil saya memang tidak kuat untuk berdiri lebih dari 20 menit tapi saya tidak terlalu perhatiin. saya hanya yakin itu tidak jadi masalah dan akan sembuh, sampai saya SMP, SMA saya suka merasa susah bernafas dada saya sebelah kiri terasa sakit, klo hal itu sudah datang tidak boleh ada yang membuat saya merasa terganggu, saya harus benar - benar tenang tanpa 1 hal pun yang membuat saya merasa terganggu tapi sangat sulit menemukan ketenangannya, mau duduk terasa sesak, tidur di tempat sempit merasa sesak ada yang ganggu ngomong sama saya pasti saya bilang " Tolong jangan ganggu saya saya capek sekal ", muka saya pucat, tak berdaya geser tangan saja merasa tidak kuat  kadang saya meras ingin mati saja klo sering2 begitu. tapi saya merasa punya Tuhan, saya sering berdoa jika memang ada penyakit supaya di sembuhan. terkadang memang sembuh sampe 2 bulan memang kadang tidak merasa  hal itu. sekarang saya sudah kuliah saya mengalami hal yang sama, saya bahkan untuk berkonsentrasi sangat susah, saat dosen menerangkan saya suka tidak bisa menenangkan diri untuk mendengarkan penjelasan dosen. saat saya pake pakaian yang agak sempit dikit saya merasa sesak, dan dalam aktivitas sehari -hari saya merasa sangat lelah seolah - olah mencangkul di sawah seharian padahal saya hanya kuliah setelah kuliah memantau anak - anak dan menyuruh mereka untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan  ( saya bekerja di panti, anak - anak yang bagian saya SD, SMP & SMA ). semakin sering saya rasa rasa sakit di dada, bernafa susah, kadang punggung saya terasa pegal, pagi - pagi bangun tidur dada saya terasa sakit, sesak. umur saya sekarang 23 tahun BB 38, TB 149. jika saya benar punya penyakit tolong beritahu saya upaya apan yang bisa saya lakukan, saya sangat terganggu.

    saya juga sekali dalam 2 minggu pasti sariawan, sariawan sembuh seringan lebih dari 1  minggu. trus di kepala saya ada benjolan  kadang sakit dan kadang tidak.  mohon bantuannya dok,Terimakasih.

    Salam,

    Hai Apakah Anda pernah memeriksakan ke dokter sebelumnya?. Diperlukan pemeriksaan fisik oleh dokter serta pemeriksaan penunjang minimal seperti foto rontgen dada untuk memastikan apakah adanya gangguan pada paru, jantung, dan lainnya. Bila dari semua hasil pemeriksaa fisik dan penunjang menunjukan hasil yang normal, ada kemungkinan gejala yang Anda alami akibat dari stres psikologis, seperti pada gangguan cemas, depresi, dsb. Dimana gejalanya, antara lain:

    • Gelisah
    • Sesak napas
    • Jantung berdebar
    • Mudah lelah
    • Sulit berkonsentrasi
    • Pegal-pegal
    • Sulit tidur
    • Dan lainnya.
    Sariawan dapat terjadi akibat dari:
    • Kebersihan mulut yang kurang
    • Gesekan dari gigi yang sering, seperti akibat posisi gigi yang tidak baik
    • Obat-obatan
    • Kekurangan vitamin
    • Merokok
    • Penyakit autoimun seperti penyakit lupus
    • Infeksi
    • Dan sebagainya.
    Benjolan pada kepala bisa dari kulit kepala seperti akibat kista aterom, lipom, bisul, jerawat, dsb. Serta berasal dari tulang akibat tumor tulang, pada tumor tulang biasanya akan teraba keras dan benjolan tidak dapat digeser. Sebaiknya Anda memeriksakan pada dokter agar dapat diketahui penyebabnya. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penyebab sariawan. Beberapa penyebab benjolan di kepala. Gangguan cemas. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william  

    Jusnimarbun  Jusnimarbun
    Anggota

    Empat tahun lalu saya sudah pernah konsultsi tentang sesak nafas, sakit dada dan di cek, katanya tidak ada apa - apa dok.. klo misalnya ini seperti yang dokter sebutkan : stress psikologis, depresi dan cemas. apa yang harus saya lakukan dok ? saya benar - benar tersiksa karena ini dok.. sekarang biaya untuk rotgen butuh biaya berapa dok ?  

    Hai Untuk mengurangi gejala depresi, cemas dan gangguan psikologis lainnya diperlukan relaksasi untuk menenangkan pikiran, seperti berkumpul bersama teman dan keluarga, yoga, menjauhkan hal yang menimbulkan stres, dan lainnya. Untuk membantu mungkin Anda dapat berkonsultasi pada psikiater, tidak perlu malu dikarenakan ke psikiater bukan berarti adanya sakit jiwa, itu hanya stigma negatif masyarakat yang tidak benar dan harus diperbaiki. Tarif dari suatu pelayanan dapat berbeda antara rumah sakit atau laboratorium. Perkiraan harga untuk foto rontgen dada berkisar antara 90-150 ribu rupiah. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william