Tanya Dokter

  • Penyebab keluar lendir berwaran coklat kehijauan dari vagina anak 6 tahun

  •  Oxana Olania
    Anggota

    dok, saya punya adik berusia 6 tahunan. Jadi saya dan mm saya bingung kok di celana daleman nya adik saya suka ada coklat atau noda dok dari vagina nya kadang juga agak kehijauan.Kalau mungkin dr belakang saya tdk bingung tp ini dr depan dok. Saya berencana ke dokter sm mm saya tp belum sempat. Adik saya knapa ya?

    Hai Oxana,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Jika pada wanita dewasa keputihan lebih sering berkaitan dengan perubahan hormonal, misalnya saat menjelang menstruasi, awal kehamilan, menjelang menopause, atau saat menggunakan alat kontrasepsi, maka hal yang berbeda terjadi pada anak-anak.

    Lendir berwarna kecokelatan atau kehijauan yang keluar dari kemaluan anak perempuan paling sering disebabkan oleh kemasukan benda asing, misalnya pasir, tanah, manik-manik, mainan, biji-bijian, dan sebagainya. Berbagai benda asing ini bisa masuk ke organ reproduksi anak perempuan biasanya karena ketidaktahuannya, misalnya saat bermain atau duduk di tempat yang kotor. Benda asing ini kemudian akan memicu peradangan di organ reproduksi sehingga menyebabkan sel-sel kelenjar disana memproduksi lebih banyak lendir. 

    Selain karena kemasukan benda asing, warna lendir yang kecokelatan atau kehijauan sebagaimana yang adik Anda alami mungkin juga disebabkan oleh infeksi. Penyebab infeksinya bisa bakteri, virus, jamur, atau parasit. Mikroorganisme ini lebih mudah masuk ke dalam organ reproduksi karena jarak lubang kemaluan perempuan yang sangat dekat dengan lubang anus. Kebersihan yang kurang baik, serta kulit kemaluan anak yang masih sangat tipis serta sensitif pun turut mempengaruhi kondisi ini.

    Kami sarankan, sempatkan untuk memeriksakan langsung adik Anda ke dokter guna memperoleh penanganan yang tepat ya.. Kemungkinan, selain pemeriksaan fisik, dokter akan menganjurkan adik Anda menjalani tes urin atau apus lendir vagina guna menentukan penyebab keluhannya.

    Selain itu, ajari adik Anda melakukan beberapa tips berikut:

    • Bersihkan kemaluan dengan air bersih setiap habis buang air, lalu keringkan dengan tisue atau handuk bersih
    • Sebelum duduk, pastikan alas duduknya bersih
    • Jangan memasukkan benda apapun ke kemaluan
    • Gunakan celana yang bersih, tidak ketat, berbahan lembut, dan menyerap keringat
    • Ganti celana setidaknya 2x sehari
    • Jangan biarkan orang lain memegang kemaluannya

     

    Artikel berikut mungkin berguna bagi Anda:

    Vulvovaginitis in prepubertal child

     

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah