Tanya Dokter

  • ASI hanya sedikit dan keluar di pinggir-pinggir payudara

  •  Riska Indri
    Anggota
    Dok, saya ibu menyusui. Umur bayi saya 1.5bulan. Dari awal lahir sampe sekarang anak saya minum sufor dan asi melalui dot(karna puting pendek). Tetapi lebih banyak sufor daripada asi karena asi tidak lancar. Saat saya tinggal di rmh mertua 3hari saya tidak pumping asi. Dan kemaren tgl 4-10-2017 saya pumping lagi hanya dpt sedikit di bawah 30ml. Keesokannya saya pumping lagi mendapatkan hasil yg sama juga. Saat saya slesai pumping saya melihat di pinggir2 puting saya keluar cairan bening. Apa itu termasuk asi dok? Tapi kenapa keluarnya tidak di jalan asi keluar. Melainkan di pinggir2nya. Apa karna memakai pompa elektrik dan jrg di pumping ya dok. Karna sebelumnya saya memakai pompa manual bisa dapat 60ml.

    Halo, terima kasih sudah bertanya di alodokter.com

    ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi terutama bayi baru lahir hingga usia 6 bulan dan dapat dilanjutkan sampai usia 2 tahun. Memberikan ASI memiliki banyak manfaat tidak hanya bagi bayi tapi juga bagi ibu. Manfaat ASI diantaranya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, memperkuat tulang bayi, mempererat hubunganantara ibu dan bayi, membantu mengembalikan berat badan ibu, sebagai KB alami bagi ibu, lebih hemat, dll.

    Beberapa saran yang dapat Anda lakukan untuk memperlancar produksi ASI diantaranya:

    • Berikan ASI secara terus menerus agar produksi ASI bertambah

    • Selain menyusui secara langsung oleh bayi, ASI juga dapat diperah secara manual atau dengan pompa agar produksi ASI tidak berhenti

    • Cukupi kebutuhan istirahat 

    • Hindari kecemasan dan kelola stress

    • Cukupi kebutuhan nutrisi ibu selama menyusui: sayur, buah, sereal, kacang, ikan, telur, daging, nasi, kentang, pasta, roti gandum utuh, keju, yogurt

    • Tingkatkan konsumsi air putih

     

    Sulit menentukan apakah cairan yang keluar dari samping puting itu ASI atau bukan tanpa melakukan pemeriksaan, karena perlu diketahui konsistensi cairan, bau, warna dll, namun jika cairan tersebut keluar setelah pompa kemungkinan bisa saja cairan tersebut merupakan ASI. Namun, untuk memastikannya saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter.

     

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu 

    Salam, dr.Sylvia