Tanya Dokter

  • Cara Agar Melahirkan Bayi Kembar Secara Normal

  •  rstykcts
    Anggota

    Selamat sore dokter.

    Usia kandungan saya saat ini 18 minggu. Minggu kemarin saya baru saja melakukan USG dan dokter menyatakan bahwa saya memiliki 2 janin/kembar. Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana caranya mengimbangi pola makan agar mengurangi resiko besarnya bayi di dalam kandungan supaya saya bisa melahirkan secara normal? Dan apakah betul kalau hamil kembar itu kemungkinan besar melahirkan dengan cara c-section? karna saya ingin sekali melahirkan anak saya secara normal nantinya.

    Terima kasih.

     

    Halo rstykcts, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Penambahan berat badan pada wanita yang hamil kembar tentunya akan lebih tinggi dibandingkan wanita yang hamil 1 janin saja. Penambahan berat badan ini didasarkan pada indeks massa tubuh (IMT) anda sebelum anda hamil. 

    1. Bila sebelum hamil anda memiliki IMT lebih dari 25 (obesitas), anda perlu menambah 11.5-19 kg sepanjang kehamilan anda
    2. Bila sebelum hamil anda memiliki IMT dalam rentang 23-24.9 (berat badan lebih), anda perlu menambah 14-22.5 kg sepanjang kehamilan anda
    3. Bila sebelum hamil anda memiliki IMT dalam rentang 18.5-22.9 (normal), anda perlu menambah 16.5-24.5 kg sepanjang kehamilan anda
    4. Bila sebelum hamil anda memiliki IMT kurang dari 18.5 (berat badan kurang), penambahan berat badan kurang lebih sama dengan rentang berat badan normal karena belum ada data yang cukup mengenai penambahan berat badan terbaik untuk wanita dengan IMT kurang

     

    Anda dapat menghitung IMT anda dengan cara berikut:

    berat badan (kg) / tinggi badan dalam meter dikuadratkan (m^2)

     

    Penambahan berat badan pada kehamilan kembar penting untuk dijaga bukan dengan tujuan agar anda bisa melahirkan dengan normal, melainkan untuk memastikan kehamilan ibu berlangsung dengan sehat dan bayinya tumbuh dalam keadaan sehat. Pertambahan berat badan yang kurang berkaitan dengan terjadinya kelainan pada plasenta serta berat badan bayi lahir rendah (BBLR). BBLR sendiri berkaitan dengan banyak penyakit pada bayi baru lahir. Pertambahan berat badan yang berlebihan berkaitan dengan terjadinya persalinan prematur.

    Pastikan anda tidak berdiet terlalu ketat saat kehamilan karena bayi dalam kandungan anda membutuhkan banyak nutrisi untuk bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Sementara itu untuk menjaga agar berat badan anda tidak naik berlebihan, anda dapat mencoba untuk makan sedikit-sedikit namun lebih sering, menghindari makan cemilan yang tidak sehat dan makanan manis, namun cobalah untuk makan cemilan yang sehat seperti buah-buahan bila anda merasa lapar dan ingin makan. Selain itu aktivitas fisik dan olahraga dengan intensitas tertentu tetap harus dilakukan saat kehamilan.

     

    Bisa tidaknya anda melahirkan secara normal tentunya akan dipengaruhi berbagai macam faktor. Satu hal yang pasti, kehamilan kembar bukan merupakan indikasi dilakukannya operasi sesar.

    Berikut ini adalah beberapa faktor yang sangat mempengaruhi bisa tidaknya seorang wanita melahirkan normal:

    1. kondisi kesehatan ibu saat waktu persalinan, seperti penyakit yang diderita sebelum dan saat kehamilan (misalnya riwayat persalinan sesar sebelumnya, penyakit jantung, preeklamsia berat, gangguan pada jalan lahir)
    2. kondisi kesehatan bayi saat waktu persalinan 
    3. posisi bayi dan plasenta
    4. kondisi saat jalannya persalinan (misalnya terjadinya persalinan memanjang)
    5. perkiraan besar bayi dibandingkan dengan besar jalan lahir ibu
    6. dan lain sebagainya

     

    Sebaiknya anda berkonsultasi kembali dengan dokter kandungan anda mengenai kemungkinan anda melakukan persalinan normal.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia