Tanya Dokter

  • Bolehkah berhubungan intim saat menstruasi pada penderita HIV?

  • selamat pagi doktr. saya ingin naya, adakah hiv boleh berlaku sekiranya pasangan menjalankan hubungan seks sewaktu wanita dalam haid?? walaupun mereka pada awalnya tidak ada hiv

    Terima kasih Aizaah Shahran atas pertanyaannya di forum Alodokter, HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan suatu virus yang bekerja dengan cara menyerang sistem kekebalan tubuh. Dimana virus ini dapat ditularkan melalui kontak dengan penderita HIV itu sendiri melalui:
    - hubungan seksual
    - penggunaan alat seksual bersamaan
    - transfusi darah
    - penggunaan alat suntik bersamaan
    - dari ibu ke anak pada saat melahirkan

    Pada keadaan awal kondisi HIV biasanya tidak menimbulkan gejala yang khas, umumnya pada kondisi ini hanya timbul keadaan berupa flu, diare, pembengkakan kelenjar getah bening yang sering berulang. Dimana seiring berjalannya waktu, sistem kekebalan akan semakin turun sehingga kondisi penderitannya pun akan semakin mudah terinfeksi oleh berbagai macam penyakit. Pada keadaan ini bila seseorang dicurigai mengalami keadaan HIV tentu hal ini dapat diperiksakan ke layanan kesehatan yang menyediakan fasilitas ini. Mengenai HIV yang timbul saat berhubungan haid sekalipun awalnya bukan merupakan penderita HIV, hal ini tidak bisa terjadi karena virus HIV tidak dapat timbul secara sendirinya melainkan penularan terjadi melalui beberapa cara kontak (yang telah disebutkan diatas) terhadap penderita HIV ini.

    Berikut terdapat artikel seputar HIV

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra