Tanya Dokter

  • Air bekas cucian beras untuk mengatasi jerawat, apakah benar?

  • Slamat siang dok.... Saya hendak menanyakan tentang sebuah opini dari orang" sekitar saya bahwa "air bekas cucian beras dapat mengurangi bekas jerawat" apakah hal tersebut dapat di benarkan? Karena menurut saya itu hanyalah hoax,dalam benak saya yang namanya air bekas cucian sudahlah dipastikan kotor sedangkan jerawat disebabkan oleh bakteri jahat diwajah jikalau kita mencuci wajah dengan air bekas cucian beras apa malah tidak memperburuk keadaan jerawat wong bakteri kan senang dengan hal yang "kotor",apalagi dia kan jahat.... Mohon jawaban atas kebimbangan saya dok,terimakasih banyak.

    Halo Wawan Keristiawan, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Air beras belakangan memang banyak memperoleh perhatian karena dipercaya memiliki manfaat positif bagi kesehatan rambut dan kulit. Namun perlu diketahui bahwa air beras yang dimaksudkan bukan air bekas cucian beras, namun air yang digunakan untuk memasak beras. Saat proses memasak beras, vitamin dan mineral yang terdapat pada beras akan keluar ke air dan air ini lah yang dapat digunakan untuk merawat rambut dan kulit. 

    Sudah terdapat penelitian tentang manfaat air beras untuk menjaga kesehatan rambut, namun memang belum dilakukan penelitian secara luas serta uji klinis. Namun dari penelitan tersebut memang didapatkan bahwa air beras dapat memperbaiki tekstur rambut yang rusak, meningkatkan elastisitas rambut, serta memperkuat akar rambut.

    Air beras juga dipercaya dapat digunakan untuk mengencangkan kulit dan memperkecil pori kulit wajah, namun penelitan mengenai hal ini belum ditemukan. Demikian juga manfaat air beras untuk mengobati jerawat ataupun bekas jerawat belum terbukti secara penelitian.

    Penggunaan air beras untuk perawatan rambut dan kulit juga bukan tanpa risiko, karena pestisida dan bahan kimia lainnya yang digunakan saat penanaman beras juga dapat meresap ke kulit dan menimbulkan dampak negatif seperti iritasi kulit dan alergi. Untuk itu sebelum anda melakukan perawatan wajah dengan air beras, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter kulit anda.

    Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi jerawat yang telah terbukti secara penelitian dan uji klinis, serta lebih direkomendasikan dibandingkan penggunaan air beras:

    1. Mencuci wajah secara rutin dengan cara yang benar. Mencuci wajah sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 2 kali sehari, menggunakan pembersih wajah yang lembut dan air hangat. Jangan gunakan handuk kasar atau loofah untuk menggosok wajah, namun cukup gunakan tangan. Mencuci wajah dengan kasar atau menggunakan scrub dapat memperparah kondisi jerawat dan merusak permukaan kulit.
    2. Menggunakan pelembab wajah yang non-komedogenik untuk mencegah kulit wajah menjadi kering dan kasar
    3. Menggunakan pelindung matahari untuk meminimalisir kerusakan kulit akibat sinar matahari
    4. Menghindari penggunaan krim wajah atau kosmetik yang komedogenik atau yang berbasis minyak
    5. Hindari stress
    6. Pada jerawat yang ringan, anda dapat menggunakan produk yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, sulfur, alpha hydroxy acids (AHA), atau tea tree oil untuk mempercepat kesembuhan jerawat serta mencegah muculnya jerawat baru
    7. Menghindari memencet-mencet jerawat karena dapat memperparah kondisi jerawat, menyebabkan bengkak, dan meninggalkan bekas yang lebih sulit dihilangkan.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia