Tanya Dokter

  • Penggunaan air beras untuk toner wajah

  • hello doc. nak tanya betul ke air beras ni boleh dijadikan sebagai toner dan pencuci muka?

    Halo farah.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Air rebusan beras memang dapat dijadikan alternatif sebagai toner wajah karena kandungan nutrisi di dalamnya efektif membantu menjaga kulit tetap halus dan cerah. Air beras bertindak sebagai astringent kulit untuk mengencangkan Pori Pori.

    Tips menggunakan air beras untuk toner, yaitu : rendam kapas secara menyeluruh dalam air beras dan oleskan Merata diseluruh wajah khususnya pada daerah yang bermasalah seperti jerawat ataupun dermatitis pada pagi dan sore hari.

    Akan tetapi perlu Anda ketahui, air beras berbeda dengan air cucian beras. Air beras merupakan air bekas rebusan beras yang diperoleh saat Anda menanak nasi putih. Untuk membuat air beras, masak beras seperti biasa hanya saja tambahkan lebih banyak air. Ketika selesai memasak, saring kelebihan air dan biarkan mendingin.

    Kami tetap menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter spesialis penyakit kulit, apabila setelah Anda memakai air rebusan beras, kulit wajah Anda mengalami iritasi ataupun alergi dengan ciri timbulnya kemerahan pada kulit, rasa gatal, dan perih.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati