Tanya Dokter

  • Manfaat konsumsi air alkali

  •  Shenovita
    Anggota
    Menyambung pertanyaan saya sebelumnya mengenai air hexagonal. Berarti air jenis itu tidak bisa di konsumsi setiap hari ya dok untuk tubuh saya? Apakah efeknya bisa berbeda dengan org lain. Karena teman saya jg mengkonsumsi air hexagonal tetapi badannya malah semakin segar dan bertenaga. Apakah air jenis itu tidak cocok untuk penderita asam lambung seperti saya?

    Hai Shenovita,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Penjelasan mengenai air Alkali telah dijelaskan oleh tim dokter kami pada thread Anda sebelumnya

    Mengingat manfaat dan efek sampingnya yang masih banyak menjadi perdebatan di kalangan medis, kami tidak berwenang merekomendasikan konsumsi air Alkali, apalagi secara berlebihan. Setiap manusia tentu memiliki kondisi tubuh yang unik dan berbeda dari manusia lainnya. Karenanya, efek konsumsi air Alkali yang dirasakan rekan Anda tidak lantas serta merta akan terjadi juga pada Anda. Pada orang dengan sistem pencernaan yang sensitif, misalnya pada penderita penyakit asam lambung seperti Anda, konsumsi air Alkali secara berlebihan justru bisa menyebabkan iritasi. Di samping itu, efek segar dan bertenaga yang rekan Anda rasakan setelah konsumsi air Alkali itu sendiri pun belum tentu benar disebabkan oleh air Alkalinya. Rasa segar dan bertenaga tersebut mungkin juga muncul karena pola hidup yang sehat, misalnya tidur teratur, rajin berolahraga, makan makanan sehat dan bergizi. Lebih lanjut, bisa juga rasa segar dan bertenaga ini timbul hanya dari sugesti.

    Untuk membantu mengatasi pusing, lemas, dan tidak bertenaga, sebaiknya Anda jalani pola hidup sehat sebagaimana dijelaskan di atas sebelum mengkonsumsi suplemen yang belum teruji efektifitasnya ya.. Apabila tidak membaik, disarankan Anda memeriksakan diri dulu ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah