Tanya Dokter

  • Air kencing keluar tidak terkontrol

  •  hakim
    Anggota

    Yang terhormat Dokter, Saya hakim, pria, umur 40 thn, sekitar 2 bulan terakhir ini saya mengalami gangguan, setelah saya buang air kecil, sisa urine keluar menetes tanpa bisa saya kontrol. Saya sudah mencoba melakukan penahanan, tetapi saya cek berkali -kali selalu gagal. Satu bulan ini, saya merasa sedikit nyeri di perut bawah sebelah kanan. Terkadang saat capek sekali, saya merasa ada rasa kram pada perut bagian bawah. Saya setiap hari berkendara mobil rata-rata menempuh jarak 100km, apakah bisa menjadi penyebabnya?

    Hai Hakim, Buang air kecil yang menetes bisa disebabkan oleh:

    Nyeri perut kanan bawah dapat disebabkan oleh nyeri kolik atau nyeri radang. Nyeri kolik merupakan nyeri yang terasa seperti diperas dan nyerinya terasa hilang timbul. Sedangkan nyeri radang dirasakan seperti ditusuk-tusuk dan terus menerus. Nyeri kolik dibagi menjadi 2 yaitu:
    • Kolik kolon seperti sumbatan di usus sehingga terjadi aktivitas usus yang bertambah untuk menegluarkan sumbatan
    • Kolik ureter seperti ada batu pada saluran kencing
    Nyeri radang sering disebabkan oleh:
    • Usus buntu
    • Pelvic inflamatory disease
    Kram perut bagian bawah sering disebabkan oleh: Dari gejala yang anda alami, mengarah kepada gejala batu saluran kencing. Batu saluran kencing dan infeksi saluran kencing dapat muncul di saat yang bersamaan. Batu saluran kencing bagian atas (ureterolithisais) biasanya akan menyebabkan nyeri yang hilang timbul dan nyeri yang menjalar sesuai dengan letak batu saluran kencing. Gejala nyeri dapat menjalar ke pinggang, ke perut, ke paha dan ke skrotum. Namun untuk menegakkan diagnosa dari semua gejala anda diperlukan pemeriksaan lanjutan baik itu pemeriksaan darah, pemeriksaan urin dan USG termasuk USG ginjal. Untuk menyingkirkan diagnosis dari pembengkakan prostat diperlukan pemeriksaan colok dubur. Karena pada hiperplasia prostat/pembesaran prostat dapat juga menimbulkan gejala sering anyang-anyangan atau buang air kecil tidak lampias. Anda sebaiknya melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Konsumsi air mineral minimal 2 liter dalam satu hari atau 8-10 gelas dalam 1 hari
    • Jangan menahan keinginan untuk buang air kecil. Terutama anda yang selalu berkendara jauh setiap hari menyebabkan kemungkinan terjadinya batu ginjal atau batu saluran kencing dan infeksi saluran kencing sangat besar sehingga sebaiknya jangan menahan keinginan untuk buang air kecil agar tidak terjadi penumpukan bakteri dan pengkristalan yang menyebabkan terbentuknya batu.
    • Jaga kebersihan organ intim anda
    • Hindari berganti pasangan
    • Kurangi konsumsi minuman beralkohol, bersoda dan yang mengandung kafein
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Anyang-anyangan Nyeri perut bagian bawah Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit

    hakim  hakim
    Anggota

    Saya mengalami sakit pada pinggul. Apakah juga berkaitan? Terus saya harus ke spesialis urologi atau internist? Terima kasih banyak Dokter Yosephine..