Tanya Dokter

  • Air kencing yang bercampur darah

  •  Karmaidi
    Anggota
    Saya di diagnosa Dokter spesialias penyakit dalam mempunyai penyakit Hydronephrosis dan dianjurkan untk dirujuk ke RS yg lbh lengkap,tapi saya menolak dan ingin untuk dilakukan pengobatan seadanya mengingat jarak tempuh ke RS Rujukan tsb sangat jauh yang ingin saya tanyakan kira² obat apa yg bisa mengobati penyakit sy tsb...? Dan apa saja hal yg dapat memicu nya kambuh...? Terima kasih dokter atas perhatian dan jawabannya

    Halo Karmaidi, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Hidronefrosis adalah kondisi dimana terjadi pembesaran pada ginjal karena penumpukan kencing di ginjal. Penumpukan kencing di ginjal ini dapat terjadi apabila terdapat sumbatan di saluran dalam ginjal sendiri atau di saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kencing (ureter). Sumbatan paling sering terjadi karena batu pada saluran kencing, terutama batu di ginjal dan ureter. Kondisi lain yang dapat menyebabkan hidronefrosis antara lain:

    1. Sumbatan pada ginjal dan ureter karena bekuan darah
    2. Penyempitan pada saluran keluar kencing karena terbentuknya jaringan parut (misalnya karena luka tergesek batu, luka operasi, atau perlengketan paska infeksi)
    3. Terdapat bengkokkan pada saluran ureter
    4. Tumor di saluran kencing terutama di ginjal
    5. Tumor di sekitar saluran kencing yang membesar dan menekan saluran keluar kencing
    6. Penyempitan saluran keluar kencing karena kelainan genetik tertentu

     

    Hidronefrosis sebenarnya bukan penyakit melainkan komplikasi yang muncul dari penyakit lainnya yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu untuk mengobati kondisi hidronefrosis dan untuk mengetahui pengobatan apa yang terbaik, perlu diketahui lebih dahulu penyakit penyebab hidronefrosis yang anda alami serta mengatasi penyakit penyebabnya terlebih dahulu. Untuk mengetahui penyakit penyebabnya diperlukan keterangan lebih lengkap mengenai gejala-gejala yang anda alami, pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti USG, CT scan, atau MRI jika dicurigai terdapat tumor. 

    Menatalaksana kondisi hidronefrosis sebaiknya dilakukan dengan segera, karena bila berlangsung dalam waktu lama, kerusakan pada ginjal tidak akan bisa kembali lagi. Ginjal akan semakin membesar bila sumbatan tidak teratasi dan pada akhirnya dapat menimbulkan kerusakan permanen pada ginjal (gagal ginjal). Sebaiknya anda mendiskusikan kembali kondisi anda dengan dokter yang merawat anda, serta melakukan anjuran dari dokter tersebut untuk memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan. Tanpa mengetahui dengan pasti penyebabnya, untuk saat ini tidak ada yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup menjelaskan

     

    dr. Irna Cecilia