Tanya Dokter

  • Ketuban kurang dan kaitan dengan banyak minum

  •  Puji Lestari
    Anggota
    Saya hamil 37w dok, kmrin waktu usg katanya ketuban saya kurang, di perbanyak minum lagi, apa setelah saya banyak minum akan meningkat? Dan apa bisa saya melahirkan normal???

    Halo Puji.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, air ketuban berperan melindungi Janin dari guncangan dan mencegah terjepitnya tali pusat yang dapat menyebabkan pasokan oksigen untuk bayi berkurang. Selain itu air ketuban juga membantu menjaga suhu di dalam rahim. Cairan ketuban juga memungkinkan bayi bergerak dengan bebas, dan membantu perkembangan sistem pencernaan juga sistem pernafasan.

    Air ketuban umumnya meningkat hingga di awal trimester ketiga. Volumenya mencapai kurang lebih 1 Liter di akhir usia kehamilan kurang lebih 36 minggu atau sembilan bulan. Seiring waktu, jumlah air ketuban akan menurun hingga bayi dilahirkan. Sedangkan air ketuban yang jumlahnya sedikit dalam dunia medis disebut sebagai oligohidramnion ( biasanya jumlahnya kurang dari 500 mililiter ).

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan air ketuban sedikit, diantaranya adalah : kondisi kesehatan tertentu seperti tekanan darah tinggi, pecahnya ketuban, plasenta atau Ari - Ari yang terlepas dari dinding rahim sebelum persalinan, penggunaan obat - obat tertentu, gangguan pada bayi yang dikandung, Plasenta tidak menyediakan cukup nutrisi dan darah untuk bayi, wanita hamil dengan berat badan yang kurang, mengandung bayi kembar, dan lain sebagainya.

    Air ketuban yang sedikit dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi perkembangan bayi di dalam kandungan. Gangguan yang dapat diakibatkan pada bayi tergantung dari kapan kurangnya air ketuban terjadi. Jika terjadi semakin awal, maka dampaknya pada bayi akan semakin buruk. Komplikasi yang terjadi biasanya berupa kecacatan pada Janin atau bahkan keguguran.

    Penanganan air ketuban sedikit dapat dilakukan sesuai dengan kondisi yang menyebabkannya. Apabila terdapat tanda - tanda dehidrasi pada ibu, dokter akan menganjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak cairan. Jika kandungan sudah cukup bulan, persalinan dapat segera dilakukan sebelum menimbulkan komplikasi.

    Bisa atau tidaknya Anda melahirkan normal, yang tahu hanyalah petugas medis yang selama ini telah menangani kehamilan Anda, oleh sebab itu kami menyarankan untuk menanyakan hal ini kepada dokter atau bidan yang telah menangani Anda, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas.

    KLik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KEHAMILAN 37 MINGGU

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati