Tanya Dokter

  • Dampak Jika Air ketuban Berkurang

  •  Amelia Amd
    Anggota
    Siang dokter Saya amel. Usia kandungan saya 38 minggu. Tp saat ini air ketuban saya berkurang. Dokter memberikan saya pilihan mau di induksi atau di operasi. Pertanyaan saya : 1. Bahaya kah dgn bayi atau pun saya jika saya memilih induksi tanpa pembukaan..? 2. Brp lama efek induksi ? Terima kasih dokter

    Halo Amelia,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Air ketuban yang sedikit dalam bahasa medis disebut dengan oligohidramnion. Kondisi ini dapat membahayakan bagi janin. Kondisi ini dialami sekitar 4% wanita hamil pada kehamilan trimester ketiga. Pada umumnya, jumplah air ketuban akan meningkat pada trimester ketiga. Air ketuban berfungsi melindungi bayi dari guncangan, mencegah terjepitnya tali pusat yang membawa oksigen ke bayi, memungkinkan bayi bergerak bebas dalam rahim dan hal ini membantu perkembangan saluran pencernaan dan pernapasannya, menjaga suhu dalam rahim, dan mencegah infeksi. Beberapa penyebab air ketuban sedikit:

    • kondisi medis tertentu seperti hipertensi kronis
    • pecah ketuban
    • plasenta terlepas dari dinding rahim sebelum persalinan
    • penggunaan obat tertentu
    • kelainan pada perkembangan bayi misalnya kelainan genetik, kelainan ginjal
    • plasenta tidak lagi menyediakan nutrisi dan darah bagi bayi sehingga bayi tidak mendaur ulang cairan ketuban

    Air ketuban sedikit dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi perkembangan bayi di dalam kandungan. Penanganan kondisi ini dapat dilakukan sesuai kondisi yang menyebabkannya. Jika usia kehamilan sudah cukup maka prose persalinan dapat segera dilakukan dengan proses induksi persalinan atau operasi Caesar. Proses induksi adalah proses yang dilakukan untuk menstimulasi kontraksi rahim sebelum kontraksi alami muncu dengan tujuan mempercepat persalinan. Setiap prosedur medis tetnu saja memiliki resiko tersendiri karenanya proses induksi persalinan harus dilakukan secara hati-hati dan di bawah pengawasan dokter. Jika induksi persalinan sudah dilakukan tetapi bayi tidak kunjung lahir biasanya dokter akan segera menyarankan operasi. 

    Silakan Anda terus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan Anda karena dokter Anda lah yang paling mengerti kondisi Anda saat ini setelah melakukan pemeriksaan pada Anda dan kandungan Anda.

    Semoga membantu.

    dr. Aloisia