Tanya Dokter

  • air ketuban kurang padahal sudah banyak minum

  • Siang dok,, saya mau tanya Saya fitri sekarang hamil sudah 30week yg saya mau tanyakan sudah dua kali cek ke dokter masih saja air ketuban kurang padahal saya sudah banyak minum dok saya takut janin saya kenapa kenapa tapi td dokter yg memeriksa saya bilang bayi sehat cuma kurang minum aja .. Sedangkan minum air putih saya mual dok bagaimana cara menambah volume air ketuban sampe batas normal??

    Halo Fitri, Air ketuban memiliki fungsi sebagai bantalan yang melindungi janin dari cedera dan menyediakan ruang untuk bertumbuh, bergerak, dan berkembang. Air ketuban juga memiliki fungsi mencegah plasenta (ari-ari) agar tidak tergencet oleh janin dengan dinding rahim. Jumlah air ketuban juga menentukan jumlah air kencing janin sehingga merupakan indikasi yang penting untuk menilai kesehatan janin. Beberapa hal dapat menyebabkan terjadinya air ketuban yang sedikit, termasuk:

    • Pecah pada selaput air ketuban
    • Lepasnya plasenta dari dinding rahim, bisa sebagian atau seluruhnya
    • Kondisi kesehatan pada ibu seperti tekanan darah tinggi
    • Penggunaan obat tertentu seperti golongan ACE inhibitor (captopril)
    • Kondisi kesehatan janin seperti pertumbuhan terhambat, masalah ginjal atau saluran kencing, atau kelainan genetik
    Cara meningkatkan jumlah air ketuban adalah dengan banyak minum air mineral. Jika anda mual, dapat dilakukan minum secara bertahap (sedikit tapi sering) dari pada langsung minum banyak. Cara lain yang bisa dilakukan adalah amnioinfusion, dimana cairan salin dimasukan ke kantong ketuban dengan cara memasukan melalui jarum yang ditanamkan dari perut. Akan tetapi hal ini hanya berlaku secara sementara, tidak permanen. Ada baiknya anda rajin melakukan kontrol dengan dokter spesialis kandungan anda agar dapat mengantisipasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada janin. Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit