Tanya Dokter

  • Adakah batasan normal konsumsi air mineral kemasan ?

  •  Eka Rahmawati
    Anggota

    Halo dokter, 

     

    Saya mau bertanya apakah meminum air mineral dalam kemasan setiap hari itu aman untuk tubuh? Air mineral yang saya maksud di sini adalah air minum dalam kemasan yang mengandung mineral alami, seperti magnesium, potassium, kalsium, dan sodium. Berapa takaran normal untuk meminum air mineral tersebut setiap hari? dan berapa takaran amannya kandungan mineral (magnesium, potassium, kalsium, dan sodium) dalam air mineral kemasan?

    Terima kasih. 

    Halo Eka

    Terima kasih telah bertanya pada Alodokter

    Pada umumnya air mineral yang dijual bebas memang sudah melewati beberapakali penyaringan dan proses pengolahan yang baik dan terstandarisasi serta sudah melewati pemeriksaan serta ijin dari BPOM maka hal itu membuat air mineral dalam kemasan dapat dikonsumsi secara rutin dan aman bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu juga mineral-mineral yang terkandung dalam air mineral merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

    Mengenai takaran aman kandungan mineral itu tidak ada patokan bakunya karena setiap orang memiliki kebutuhan yang bervariasi tergantung dari aktivitas dan juga kondisi fisik seseorang namun untuk umlah air yang dikonsumsi disarankan untuk orang dewasa sehari meminum sekitar 2 liter. Bukan berarti 2 liter itu Anda capai dalam 1 kali minum namun bertahap terutama ketika Anda merasa haus. Kekurangan konsumsi air juga dapat menyebatkan dehidrasi yang membuat seseorang akan terasa lemas dan juga dapat pingsan sehingga sangat penting mengkonsumsi air baik itu air mineral ataupun air sumur yang dimasak terlebih dahulu.

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Satya Sueningrat