Tanya Dokter

  • Kualitas air minum isi ulang

  •  fani s
    Anggota
    Salam dokter, Saya mau bertanya mengenai air minum isi ulang. Belakangan ini banyak gerai air minum isi ulang yang menurutnya menjamin kualitas air, tapi sebenarnya apakah air minum isi ulang aman dikonsumsi apalagi secara langsung? Lalu apa ada ciri" untuk menentukan air layak digunakan? Dan apakah kualitas air mempwngaruhi kondisi kulit? Terima kasih dokter

    Fani yang baik,

    memperhatikan kondisi air minum ialah salah satu langkah menjaga kesehatan. Hal ini disebabkan oleh karena pentingnya pengaruh air yang dikonsumsi terhadap status kesehatan seseorang. Adapun air yang layak minum memiliki beberapa kriteria yang harus diperhatikan meliputi :

    • tidak berasa, berbau, maupun berwarna, tidak keruh, dan tidak berada dalam suhu tinggi
    • tidak mengandung bakteri E. Coli
    • tidak mengandung bahan kimia seperti pestisida, ataupun desinfektan, melebihi kadar batas aman yang diperbolehkan

    Dengan kriteria diatas, air layak minum ditetapkan melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan sehingga pastikan air minum isi ulang yang Anda gunakan terdaftar di BPOM tersebut. Air yang berasal dari tanah kualitasnya bergantung dari kondisi tanah sekitar, ada tidaknya pestisida maupun desinfektan yang mencemarinya. Satu yang perlu diingat, memasak air tidak sepenuhnya menjamin air tersebut layak konsumsi oleh karena beberapa kuman dapat bertahan pada suhu tinggi. Berikut kami lampirkan artikel mengenai kriteria air layak minum. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief