Tanya Dokter

  • apakah air kencing dapat mengobati mata bintitan?

  • Dear Dokter,

     

     

    Mau tanya apakah benar Air seni itu bisa mengobatkan penyakit, misalnya saja mengobati mata bintitan, atau yg biasa orang sebut terapi urin pada pagi hari.

     

    Benar atau mitos yah?

    Thx

    Tri Mulyaningsih  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Tri, Air seni atau air kencing adalah merupakan hasil buangan atau hasil eksresi tubuh yang diproses oleh ginjal yang kemudian dibuang melalui saluran urine. Air kencing tidak mengandung apapun untuk menyembuhkan mata terlebih air seni juga dapat menimbulkan efek iritasi dan infeksi jika digunakan untuk mengobati mata. Tidak ada penelitian hingga saat ini yang menjelaskan manfaat dan kegunaan air seni sebagai terapi untuk penyakit apapun. Bintitan sendiri merupakan infeksi pada kelopak mata yang menimbulkan bintil mirip jerawat atau bisul. Penyabab tersering bintitan merupakan infeksi bakteri yang bisa menimbulkan gejala diantaranya:

    • Mata berair dan merah
    • Kelopak mata bengkak dan nyeri
    • Muncul kotoran mata di sekeliling kelopak mata
    • Rasa mengganjal pada mata
    Dikarenakan penyebabnya adalah infeksi bakteri maka diperlukan untuk melindungi dan menjaga kebersihan mata, hindari menggunakan lensa kontak dan juga kosmetik pada daerah tersebut, kompres air hangat dapat membantu mengurangi nyeri, dokter nantinya akan memberikan salep mata yang mengandung antibiotik untuk meredakan gejala dan menyembuhkan keluhan bintitan. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.