Tanya Dokter

  • Penyebab sakit gigi akibat akar gigi retak

  •  uma sk
    Anggota
    selamat malam dok, sudah 1 bulan lebih setelah gigi saya terbentur masih terasa sakit, setelah di foto ternyata akar gigi depan bawah retak / fraktur, anehnya kenapa semua gigi (rahang atas+bawah) jadi ngilu dan nyut2an sampe ke rahang, seminggu setelah jatuh saya sempat memakai narkoba jenis sabu, apakah ada hubungannya??? , apakah ada juga hubungan dengan saraf trigeminal neuralgia???

    Halo Uma

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Untuk penggunaan sabu kemungkinan besar tidak ada kaitannya dengan rasa nyeri/ngilu yang terjadi pada daerah rahang Anda. Kemungkinan rasa nyeri tersebut disebabkan oleh fraktur yang terjadi pada akar gigi Anda. Karena pada daerah rahang tersebut banyak sekali pembuluh darah dan persarafan yang dapat menghantarkan rasa nyeri. Biasanya pada kondisi fraktur gigi, rasa nyeri yang berlangsung akan sangat lama dan terkadang sulit hilang.

    Trigeminal neuralgia merupakan suatu gangguan rasa sakit yang mempengaruhi saraf trigeminal dan biasanya terjadi pada usia 50 tahun keatas. Biasanya kondisi ini hanya mempengaruhi salah satu sisi wajah saja. Saraf trigeminal adalah saraf yang mengantarkan sensasi dari wajah menuju otak, sekaligus mengontrol sebagian fungsi motorik wajah seperti menggigit dan mengunyah. Jadi biasanya nyeri pada trigeminal neuralgia ini terpicu oleh gerakan wajah atau pada saat berbicara.

    Untuk lebih memastikannya, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter gigi atau dokter bedah plastik untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk sementara Anda dapat mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri seperti asam mefenamat atau natrium diklofenak bila rasa sakit tidak tertahankan. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati