Tanya Dokter

  • Penanganan untuk gigi retak

  •  uma sk
    Anggota
    akar gigi depan yang retak, menyebabkan semua gigi atas dan bawah ngilu dan sakit, apakah gigi harus di cabut atau dilakukan perawatan saluran akar???

    Salam,

    Pada pasien dengan gigi yang retak, maka kondisi ini perlu dipastikan penyebab keluhan ini, apakah karena trauma, gigitan benda keras, atau adanya kerapuhan gigi, sehingga dapat dihindari berulang nya resiko ini.

    Untuk gigi yang retak, perlu kiranya dilakukan pemeriksaan untuk dapat dipastikan kertakannya mempunyai implikasi klinis apa, sehingga dokter dapat merencanakan penanganan dan penatalaksanaan pasien dengan gigi yang retak.

    Perlakuan pada gigi retak dapat dilakukan penguatan dengan pasangan cincin, penambalan, atau dengan pencabutan gigi, tergantung dengan hasil pemeriksaan oleh dokter gigi. 

    Unntuk sementara ini, sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan atau minuman panas atau dingin, manis, makanan asin atau yang banyak MSG nya. Segera bersihkan gigi Anda dan kumur dengan antiseptik rongga mulut untuk menghindari radang pada gigi.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi