Tanya Dokter

  • Akar gigi yang retak dan terasa nyeri

  •  uma sk
    Anggota
    selamat malam, sekitar 1 bulan lalu gigi bawah bagian depan kepentok pintu, awalnya gigi depan bawah nyeri nyut2an dan ngilu, setelah 2 minggu tidak hilang juga pas di foto ternyata akar gigi depan bawah retak, tapi sekarang sudah lebih dari 1 minggu kenapa giginya jadi ngilu dan nyut2an semua dari gigi rahang atas dan gigi rahang bawah

    Hai Uma,

    Akar gigi yang retak akibat benturan dapat mengakibatkan nyeri, nyeri saat menggigit/mengunyah, pembengkakan, gigi terlepas, atau bahkan kerusakan syaraf di sekitarnya. 

    Penanganan akar gigi retak ini dapat bermacam macam sesuai jenis retakannya. Anda dapat membaca artikel ini lebih lanjut : Gigi retak . Penanganan umumnya berupa Fiksasi di bagian mahkota, agar retakan tidak menjalar, perawatan saluran akar, ekstraksi dan operasi.

    Tidak seperti tulang yang retak, yang kemudian dapat menyatu, gigi berbeda. Jika retak, tidak akan bersatu kembali. Upaya yang dapat dilakukan hanyalah bagaimana agar retakan tidak semakin bertambah, dan komplikasinya tidak muncul.

    Nyeri dan ngilu di seluruh gigi atas dan bawah sepertinya tidak berkaitan dengan retakan di satu gigi ini. Bisa diakibatkan oleh: Infeksi di gusi, salesma, sinusitis, Kerusakan gigi akibat sering digesekkan saat sedang tertidur.

    Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda kembali mengunjungi dokter gigi Anda sebelumnya, agar dapat diperiksa lebih jelas dan ditangani dengan baik.

    Pemakaian obat obat anti nyeri dapat membantu untuk sementara, seperti: parasetamol atau asam mefenamat.

    Demikian penjelasannya, semoga dapat membantu ya.