Tanya Dokter

  • Akibat berhubungan intim di waktu haid meskipun darah sudah tidak keluar lagi

  • dok apa akibat berhungan intim di waktu haid tpi darah.a udah gk da tpi lom hadats

    Hai, Berhubungan intim pada saat menstruasi memang menuai banyak kontroversi. Berhubungan intim pada saat menstruasi dilarang pada beberapa ajaran agama tertentu. Ada manfaat maupun peningkatan resiko penyakit yang mungkin dialami apabila bercinta pada saat menstruasi. Berikut merupakan beberapa resiko yang dapat timbul apabila berhubungan badan pada saat menstruasi :

    1. Penularan infeksi dan penyakit menular seksual menjadi lebih mudah. Karena pada saat menstruasi leher rahim terbuka lebar sehingga bakteri dapat lebih mudah masuk ke rongga panggul.
    2. Lebih rentan untuk tertular penyakit yang sifat naturalnya menular lewat darah, seperti HIV dan hepatitis.
    3. Lebih mudah untuk mengalami infeksi jamur dan bakteri, karena pada saat menstruasi PH pada daerah kewanitaan mengalami perubahan, tidak seasam biasanya.
    4. Tetap dapat hamil. Hal ini dapat terjadi apabila Anda mengalami ovulasi dini, sementara sperma dapat bertahan hidup selama beberapa hari di dalam organ reproduksi wanita.
    Selain beberapa resiko, berhubungan seks pada saat menstruasi juga memiliki beberapa keutungan, diantaranya :
    1. Orgasme dapat mengurangi kram perut akibat menstruasi
    2. Selain itu, orgasme juga menyebabkan sekresi dari endorfin yang dapat pula membantu mengurangi rasa sakit dan kram
    Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca : Bercinta saat menstruasi Menstruasi   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari