Tanya Dokter

  • akibat dari lamanya pemberian vaksin ATS setelah digigit kucing

  •  Ayu Lestari
    Anggota

    Dok kemaren saya digigit kucing dan lukanya dalam saya merasa tidak terlalu sakit, jadi hanya saya bersihkan dengan sabun, air hangat, dan betadin. namun setelah itu timbul bengkak di area luka jadi saya pergi ke bidan untuk diberi vaksin ATS, karwna sayasaya takut bakteri akibat gigitan dapat menyebabkan tetanus. jadi dok apakah terlalu lamanya pemberian vaksin ini dapat membuat vaksin tidak bekerja dengan sempurna sehingga bakteri yang tidak terbunuh masih bisa menyebabkan efek samping yg ditimbulkan. apakah seperti itu dok?

    Ayu Lestari  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Ayu, perlu dijelaskan bahwa pemberian vaksin ATS tidak berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab tetanus. Bakteri penyebab tetanus akan mengeluarkan racun yang menimbulkan tetanus, racun itulah yang dinetralkan oleh ATS. sedangkan bakteri tetanusnya sendiri harus dibasmi dengan cara : - pencucian/pembersihan luka, yang jika cukup dalam mungkin perlu dilakukan penyayatab luka sehingga pembersihan dapat sempurna - pemberian antibiotika Ya, ATS keefektifannya akan berkurang seiring waktu. APling efektif diberikan sebelum 6 jam. Dan dianggap tidak berguna lagi jika sudah lebih dari 4 jam. tetanus demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Ayu Lestari  dr. Rico N
    Dokter

    dr. Rico Novyanto June 6, 2015 at 1:29 am Hai Ayu, perlu dijelaskan bahwa pemberian vaksin ATS tidak berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab tetanus. Bakteri penyebab tetanus akan mengeluarkan racun yang menimbulkan tetanus, racun itulah yang dinetralkan oleh ATS. sedangkan bakteri tetanusnya sendiri harus dibasmi dengan cara : – pencucian/pembersihan luka, yang jika cukup dalam mungkin perlu dilakukan penyayatab luka sehingga pembersihan dapat sempurna – pemberian antibiotika Ya, ATS keefektifannya akan berkurang seiring waktu. APling efektif diberikan sebelum 6 jam. Dan dianggap tidak berguna lagi jika sudah lebih dari 4 jam. tetanus demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.
    ralat kesalahan pengetikan : dan dianggap tidak berguna lagi jika sudah lebih dari 24 jam