Tanya Dokter

  • Flu dan batuk pasca operasi tumor jinak di telinga

  • Hai dok,,saya mau tanya dok. Saya operasi telinga 4bulan yang lalu tepatnya tanggal 17juli, kata dokter spesialis THT di dalam telinga saya ada tumor jinak yang harus segera di angkat,,setelah luka saya kering saya disuruh untuk menjaga kondisi badan agar tidak flu dan batuk karena nanti akan berpengaruh terhadap telinga saya,,karena sekarang pancaroba dan teman-teman saya juga terserang flu+batuk jadi saya tertular itu akibatnya apa ya dok? Apakah sangat berpengaruh besar terhadap bekas operasinya dok?

    Hai Tasya yang baik,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Telinga, hidung, dan tenggorokan memang memiliki hubungan satu sama lainnya. Penghubungnya bernama saluran eustachius, yaitu berbentuk seperti tabung yang menghubungkan ruang di belakang gendang telinga pada telinga tengah dengan bagian belakang hidung. Pada orang dewasa, saluran eustachius ini memiliki panjang sekitar 35 milimeter atau 1,3 inci dan berdiameter sekitar 3 milimeter. Beragam kondisi seperti alergi, infeksi yang melibatkan hidung ataupun tenggorokan dapat mencegah saluran eustachius tersebut terbuka dan menyebabkan adanya perubahan tekanan. Cairan telinga menjadi berkumpul di telinga bagian tengah, tekanan dan cairan tersebut juga dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian telinga Kamu. Hal inilah yang menjadi alasan agar Kamu sebaiknya menjaga kesehatan.

    Sebenarnya seberapa besar pengaruhnya terhadap bekas operasi sulit untuk dinilai, hal ini dipengaruhi oleh proses penyembuhan bekas operasi Kamu. Apabila sudah dilakukan 4 bulan yang lalu, seharusnya saat ini sudah sembuh, untuk memastikannya Kamu dapat kontrol ke Dokter THT yang merawat Kamu ya. Gunakanlah masker apabila di sekitar Kamu banyak yang sedang menderita batuk pilek, selain itu Kamu juga perlu:

    • Konsumsi makanan kaya nutrisi
    • Perbanyak asupan buah dan sayur
    • Perbanyak minum
    • Istirahat yang cukup, hindari begadang
    • Hindari pajanan asap rokok, asap kendaraan, debu
    • Jaga kebersihan tempat tinggal

    Untuk menambah wawasan, Kamu dapat membaca artikel berikut:

    Telinga, Hidung, Tenggorokan

    Sekian semoga Kamu sehat selalu,

    dr. Annes