Tanya Dokter

  • Dampak makan durian saat hamil

  •  watina
    Anggota
    Sore dok sy mau ty,klu mkan durian saat hamil tu ap akibatnya dok,trima kasih.
    watina  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Watina,

    Kondisi kehamilan memang merupakan kondisi yang membutuhkan perhatian ekstra dalam berbagai aspek dan tidak terkecuali nutrisinya karena nutrisi merupakan faktor yang sangat penting dalam kesehatan ibu dan janin serta perkembangan janin.

    Konsumsi buah-buahan terkadang menjadi pilihan ibu dalam membantu memenuhi kebutuhan serat dan vitamin, meskipun demikian tidak semua buah cocok untuk dikonsumsi ibu hamil.

    Sebenarnya tidak terdapat larangan tertentu mengenai konsumsi buah durian selama kehamilan, tetapi buah durian merupakan buah yang memiliki kandungan gula yang tinggi dan memiliki kandungan alkohol dan oleh karena hal ini buah durian tidak dianjurkan untuk dikonsumsi wanita hamil karena alkohol merupakan salah satu penyebab gangguan pada perkembangan janin. Buah durian juga mengandung arakhidonat yang dapat menyebabkan kontraksi prematur yang menyebabkan keguguran ataupun kehamilan prematur.

    Bila Anda memang ingin mengkonsumsi buah ini maka sebaiknya Anda mengkonsumsi dalam jumlah secukupnya (1-2 butir saja) dan segera memeriksakan diri Anda kedokter bila terdapat keluhan terkait kondisi kehamilan Anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini agar mendapat penjelasan yang sesuai dengan kondisi Anda.

    Anda juga dapat membaca mengenai pantangan ibu hamil pada artikel berikut :

    Pantangan bagi ibu hamil

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono