Tanya Dokter

  • akurasi tes hiv dan cd4

  •  riopascal99
    Anggota

    selamat siang dok, saya mau bertanya. satu tahun yang lalu saya terkena condiloma, lalu sudah berobat dan di tutul, lalu saya disurih cek hiv dan hasilnya reaktif, yabg mau saya tanyakan apakah hasil cek hiv tersebut bisa dikatakan valid karena saya baru terkena kondiloma? CD4 saya hanya 107 dok, karena saya sering begadang dan makan tidak teratur. apakah hasil cd4 saya juga biaa dikatakan valid? terimakasih sebelumnya dok.

    Halo Rico, Diagnosis HIV hanya bisa ditegakkan melalui tes HIV, yaitu dengan mengambil sampel darah untuk diperiksakan ke laboratorium. Tes ini bertujuan mendeteksi keberadaan antibodi terhadap HIV di dalam darah. Tes ini dikatakan akurat bila dilakukan 1 bulan setelah pajanan terhadap virus, karena antibodi tidak segera terbentuk setelah infeksi awal. Berikut beberapa sumber pajanan virus :

    • berhubungan seksual tanpa pengaman dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya
    • berbagi jarum suntik, tato, ataupun tindik
    • menerima transfusi darah atau produknya yang tidak diskrining terlebih dahulu
    Tes HIV umumnya tidak hanya dilakukan dengan satu metode. Sebelum dokter atau petugas kesehatan menyampaikan bahwa Anda terdiagnosis HIV, dilakukan beberapa kali tes dengan metode yang berbeda untuk memastikannya. Jika telah terbukti positif HIV, pemeriksaan akan dilanjutkan dengan tes CD4. Tes ini bertujuan mengetahui kondisi sistem kekebalan tubuh untuk menentukan kapan terapi antiretroviral (ARV) dimulai. Semakin cepat terdeteksi, maka tingkat keberhasilan pengobatan akan lebih tinggi. Pengobatan bertujuan memperlambat perkembangan penyakit sehingga membuat orang yang terinfeksi bisa hidup lebih lama. Diskusikanlah hal ini dengan dokter spesialis penyakit dalam terdekat. Salam dr.Lili