Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri pada anus menjalar ke paha dan betis

  • Hallo Dokter. Ada beberapa pertanyaan yg ingin saya ajukan. 1. Ibu saya sudah berumur 44 Tahun saat ini mengeluh kesakitan dibagian area bokong sampai kebagian paha dan betis , menurut Dokter apakah penyebab utamanya bisa terjadi seperti itu ?. 2. Ibu saya udah coba periksa ke dokter umum dan beliau menyarankan ibu saya untuk berjalan di kolam brenang. Alasan nya untuk menggerakan kaki sampai kebagian bokong dan paha . Apakah itu termasuk solusi yg tepat ?. 3. Menurut analisa Dokter , apakah yg menjadi keluhan sakit ibu saya ada kemungkinan itu ‘ saraf kejepit ‘ ?. Kalau Iya , penanaganan yang tepat itu apa ?. 4. Apakah keluhan seperti itu pengaruh ke faktor usia / pigmen ?. Tapi secara fisik tidak ada yg berubah dari ibu saya. Hanya saja saya perhatikan semakin mengurus . Trima kasih. Mohon di jawab pertanyaan saya .

    Halo Yohana,terimakasih telah berkonsultasi mengenai ibu anda.
    Keluhan ibu anda saat ini yang berupa nyeri menjalar di pantat sampai betis dalam istilah medis disebut ischialgia yang dapat disebabkan oleh penjepitan saraf. Sedangkan penyebab lain berupa spasme otot. Yang harus ditanyakan sebelumnya,berapa lama keluhan ibu anda muncul? apakah pernah ada riwayat terjatuh? jika nyeri terjadi apakah masih dapat aktifitas? nyeri diperparah saat ibu anda biasanya melakukan apa?
    keluhan berupa nyeri yang menjalar dapat disebabkan hal-hal sebagai berikut:
    1. HNP (hernia nukleus pulposus,yang dapat berupa penjepitan saraf)
    2. stenosis spinal (penyempitan ruas tulang belakang)
    3. paska trauma
    4. degenerasi pada tulang belakang
    5. arthritis / peradangan sendi
    penanganan berikut dapat anda lakukan sebelum berkonsultasi ke dokter:
    1. Tidur di alas yang keras
    2. Berenang
    3. Tidak melakukan aktifitas fisik yang berat
    4. istirahat sampai dengan nyeri berkurang
    5. minum pereda nyeri sementara (hati-hati dengan riwayat alergi)
    Pada kasus ibu anda,sangat diharapkan anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis saraf atau dokter orthopaedi sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik yang berkaitan dan pemeriksaan penunjang berupa rontgen/ MRI tulang belakang agar dapat mengetahui diagnosa dan penanganan yang tepat bagi ibu anda . Demikian info yang dapat diberikan,semoga menjawab pertanyaan anda,salam dr. Celleen