Tanya Dokter

  • Alat kontrasepsi yang tepat untuk ibu yang baru melahirkan

  •  Nadaw
    Anggota
    Hay dok, saya newmom,usia bayi saya baru 2bulan dan saya belum KB karena masih ragu memilih alat kontrasepsi yang tepat. saya mau bertanya baiknya menggunakan alat kontrasepsi apa untuk ibu baru melahirkan dan menyusui seperti saya

    Halo Nadaw, terimakasih atas pertanyaannya ke alodokter

     

    berikut beberapa pilihan kontrasepsi ketika menyusui berdasarkan urutan efektivitasnya:

    1. IUD. biasa disebut spiral pada orang awam, walaupun pada masa kini bentuknya tidak lagi spiral, melainkan huruf T

    2. implan yang berisi progestin saja

    3. suntik kb berisi progestin (setiap 3 bulan)

    4. pil progestin

    5. kondom atau diafragma(kondom pada wanita)

     

    ketika menyusui, anda harus menghindari hormon yang mengandung estrogen karena dapat mengurangi produksi ASI. Dengan demikian pil kombinasi, implan berisi hormon estrogen, atau suntikan per 1 bulan tidak disarankan.

    berdasarkan penelitian, semua alat kontrasepsi yang saya sebutkan memiliki efektivitas mendekati 100% apabila dilakukan secara SEMPURNA. akan tetapi secara praktis, kesempurnaan tersebut sulit dicapai, sehingga muncullah data seperti saya sebutkan di atas: IUD lebih efektif dibandingkan dengan pil, karena sangat sulit untuk secara sempurna minum pil kb di jam yang sama setiap hari. 

    menyusui eksklusif pada dasarnya dapat memiliki efek kontrasepsi karena hormon prolaktin dapat menekan ovulasi apabila dilakukan secara sempurna. sekali lagi, secara praktis tidak memiliki efektivitas yang cukup, sehingga disarankan untuk mendapatkan kontrasepsi tambahan lainnya seperti yang saya sebutkan di atas.

     

    pilihan dari kontrasepsi di atas kemudian harus disesuaikan juga dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kontrasepsi. 

     

    efek samping utama IUD adalah perdarahan, alergi (jarang), infeksi. IUD dikontraindikasikan pada orang yang mengalami risiko perdarahan yang tinggi (hal ini masih mungkin diatasi dengan IUD yang mengandung progestin), atau sedang mengalami infeksi.

    sementara untuk KB yang mengandung hormon progesteron efek sampingnya antara lain:

    1. Sakit kepala
    2. Nyeri pada payudara
    3. Perubahan mood
    4. Jerawat
    5. Kehilangan libido
    6. Peningkatan berat badan

     

    Anda dapat membaca artikel berikut mengenai KB yang aman untuk ibu menyusui

     

    Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat

    dr. Irna Cecilia