Tanya Dokter

  • Tubuh gatal jika makan ayam

  •  Miirey
    Anggota
    Dok..saya klo makan ayam sekali gk apa2 cmn klo besoknya ato malemnya makan lagi lgsg bintik2 merah banyak Dan gatal..trus saya kadang2 bisa garuk sampai berdarah sakung gatalnya

    Selamat malam,

    Alergi di dalam tubuh merupakan sistem pertahanan tubuh yang terjadi secara kompleks di dalam sistem peredaran darah tubuh kita. Secara garis besar, alergi dapat dibagi menjadi :

    • Reaksi alergi immediate action/reaksi alergi yang terjadi seketika saat alergen (zat penyebab alergi) masuk ke dalam aliran darah.
    • Reaksi alergi delayed action/ reaksi alergi yang membutuhkan waktu untuk terjadi nya reaksi.

    Pada kasus Anda jiak sudah dipastikan setiap memakan ayam akan terjadi hal tersebut, kemungkinan yang terjadi adalah reaksi alergi yang tipe delayed action. Namun Sebaiknya dipastikan kembali Anda alergi terhadap alergen apa, sehingga jika memang alergi terhadap hal itu, dapat dihindari untuk mencegah terjadinya reaksi alergi yang fatal. Untuk mengetahui secara pasti, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penggalian informasi lebih lanjut, dan jika diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan penunjang skin prick test untuk mengetahui secara pasti alergen apa yang menyebabkan.

    Skin prick test adalah test untuk mengetahui alergi dengan cara mencungkil sedikit bagian kulit pasien kemudian diteteskan ekstrak dari alergen yang mencurigakan, dan dilihat apa reaksi yang terjadi. Sehingga dengan harapan setelah mengetahui alergen penyebab dapat menghindarinya.

    Saat terjadi gatal sebaiknya tidak digaruk terlalu keras, karena jika terjadi lecet dan luka yang terbuka tersebut terinfeksi, maka dapat sembuh lebih lama dan menyebabkan bekas luka. Untuk mengurangi gatal tersebut dapat dikompres dengan air dingin, atau mengoleskan bedak anti gatal yang dapat dibeli secara bebas.

    Sekian informasi dari Saya,semoga bermanfaat

    dr.Anthony