Tanya Dokter

  • Penyebab timbul biang keringat setelah konsumsi susu formula

  • Pagi dok,saya mau nanya nih.kenapa ya anak saya kalo minum susu SGM muka dan badanya itu kayak biang keringat,padahal waktu umur 1-3th saya kasih SGM enggak papa dok,lalu saya ganti susu dancow enggak papa,malah kulitnya enggak ada kayak biang keringat gitu dok,padahal kan sama-sama mengandung susu sapi,lalu apa yang membedakan antara susu SGm dengan susu dancow ketika diminum memiliki dampak yang berbeda,apakah dari kandungan susunya dok. Terima kasih

    Hai Lila.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Alergi susu merupakan respon tubuh alami dari sistem kekebalan tubuh terhadap susu dan produk lain yang mengandung susu. 2 kandungan utama protein pada susu yang menjadi penyebab alergi adalah kasein dan whey. Beberapa penyebab anak alergi susu ialah: adanya faktor genetik pembawa alergi dalam keluarga, pencernaan anak yang masih dalam proses perkembangan sehingga pada saatnya ketika pencernaan anak telah berkembang sempurna maka alergi dapat berkurang/ hilang.

    Gejala yang muncul dari anak yang alergi susu, yaitu: gatal- gatal pada kulit, diare, kembung, muntah, dan bengkak pada sekitar bibir dan wajah. Alergi susu juga dapat terjadi karena anak mengkonsumsi susu tinggi protein atau MPC yang biasanya ada dalam susu formula bayi. Hal ini perlu diwaspadai karena anak bisa saja alergi terhadap kandungan protein yang ada dalam susu formula yang dikonsmsi.

    Beberapa hal yang dapat anda lakukan:

    • Seperti penanganan alergi pada umumnya, alergi terhadap jenis susu juga diatasi dengan menghindarkan anak dari penyebab alergi. Bila anak anda alergi terhadap susu formula tertentu maka gunakanlag susu formula lain yang anak tidak alergi. 
    • Tetap cukupi kebutuhan gizi anak dengan asupan makanan dan vitamin yang seimbang
    • Perhatikan apakah anak juga alergi terhadap makanan lain yang mengandung susu atau protein tinggi atau jika ada keadaan lain yang juga memicu timbulnya alergi
    • Konsultasikan dengan dokter anak  mengenai keadaan anak anda dan konsultasikan bila anda ingin mengganti susu anak
    • Lakukan tes alergi pada anak

    baca: Tanda alergi susu sapi

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti