Tanya Dokter

  • Benjolan seperti bisul dan gatal setelah makan ikan

  • Pagi dokter .. Saya mau tanya kenapa ya setiap saya habis makan ikan selang beberapa jam langsung gatal" merah dan pernah sampai ada benjolan seperti bisul . Dan sampai sekarang benjolannya masih berbekas. kira" obat apa yah dok yang bisa menghilangkan benjolan tersebut ? Dan apa itu termasuk alergi ? Sebelumnya terima kasih atas jawabannya .

    Hai Wiiwheey, Reaksi alergi terjadi saat sistem imun tubuh terpapar oleh benda atau zat asing (alergen) baik yang berbahaya atau tidak sehingga menimbulkan respon pada tubuh. Gejala yang ditimbulkan dapat terlihat pada kulit, saluran napas dan saluran pencernaan. Beberapa penyebab yang dapat menimbulkan reaksi alergi :

    • gigitan serangga
    • makanan tertentu seperti kacang-kacangan,kerang, kepiting, telur dan produk susu.
    • obat-obatan tertentu seperti antibiotik golongan penisilin
    • alergen yang terdapat di udara seperti debu, serbuk tanaman, bulu binatang
    • alergen yang kontak langsung dengan kulit seperti bahan kimia (sabun cuci), bahan lateks.
    Jika alergi yang berhubungan dengan makanan, terdapat beberapa kondisi yang memiliki gejala yang serupa namun berbeda penyebab.
    1. Food allergy (alergi makanan) disebabkan oleh makanan tertentu seperti yang disebutkan diatas yang dianggap sel asing bagi tubuh sehingga menimbulkan respon imun.
    2. Food intolerance adalah suatu kondisi dimana terdapat gangguan enzim pada pencernaan yang tidak dapat mencerna zat yang terkandung dalam makanan tertentu seperti gluten/ gandum
    3. Food poisoning (keracunan makanan) merupakan kondisi dimana makanan telah terkontaminasi oleh parasit, virus atau bakteri.
    Penting untuk Anda mengamati apakah reaksi yang muncul bila mengkonsumsi ikan dengan jenis yang sama atau berbeda, untuk mengetahui penyebab pasti alergen. Mengingat pencegahan yang dilakukan pada penderita alergi adalah dengan menghindari pemicu utama agar tidak terjadi kekambuhan. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti reaksi alergi yang ditimbulkan untuk mendapatkan terapi yang tepat. Dokter akan menggali beberapa informasi kesehatan dari Anda mengenai riwayat alergi keluarga dan bagaimana menghindari alergen penyebab. Semoga membantu, dr. Tantya Marlien