Tanya Dokter

  • Kulit menjadi keriput, mengkilat dan gatal

  •  Vara Kartika
    Anggota
    Halo Dok, saya mau bertanya. Saya memakai cincin emas putih. Setelah beberapa bulan pemakaian, kulit pada bekas cincin tsb terlihat seperti keriput dan mengkilat, serta terasa agak gatal. Saya mencoba memindahkan cincin tsb ke jari saya yg lain, setelah beberapa hari pemakaian juga muncul gejala yang sama. Namun apabila memakai cincin emas kuning, tidak ada masalah dok. Kira-kira kenapa ya dok? Apakah cincin tsb mengandung campuran yg membuat kulit saya alergi? Terima kasih atas penjelasannya dok.
    Vara Kartika  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Vara,

    Berdasarkan keluhan Anda kondisi yang Anda alami sangat mungkin disebabkan oleh dermatitis kontak alergi. Dermatitis kontak alergi adalah peradangan kulit yang terjadi akibat kontak dengan bahan alergi (alergen). Alergen adalah bahan yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada seseorang. Alergen ini dapat berbeda-beda pada tiap individu dan tidak menimbulkan keluhan pada orang yang normal (tidak memiliki alergi).

    Selain dermatitis kontak alergi, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur ataupun dermatitis kontak iritan. Diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan Anda. Bila keluhan ini sangat menganggu maka sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda kedokter agar mendapat penanganan yang tepat.

    Dokter akan menanyakan riwayat keluhan Anda, melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang bila dirasa perlu. Pemeriksaan yang dapat dianjurkan dokter adalah tes alergi, pemeriksaan kadar IgE ataupun biopsi kulit.

    Penanganan yang diberikan dokter akan disesuaikan dengan kondisi yang menyebabkan keluhan Anda. Bila memang disebabkan oleh alergi maka dokter akan meresepkan obat antihistamin seperti loratadin dan menganjurkan Anda untuk menghindari paparan benda yang diduga menyebabkan alergi.

    Berikut anjuran untuk Anda :

    • Jagalah kebersihan tubuh Anda secara umum
    • Hindari kondisi yang dapat mencetuskan keluhan Anda
    • Segera periksakan diri Anda kedokter bila keluhan menetap atau memburuk
    • Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Alergi

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono