Tanya Dokter

  • wajah gatal dan bengkak karena alergi makan ayam

  • Selamat siang dok. nama saya Gita (18th). dok sayaa mau nanya,saya dari dulu gak pernah alergi makan ayam,terus gak tau kenapa belakangan ini setiap saya makan ayam wajah saya selalu gatal-gatal sampe bengkak gitu. mau banyak atau dikit pasti selalu gitu. itu kenapa ya dok ya?? Sebelumnya saya gak punya alergi apa-apa. terima kasih dok,mohon bantuannya. selamat siang.

    Halo, Alergi merupakan suatu respon yang dihasilkan oleh kekebalan tubuh bila tubuh merasa ada substansi atau zat yang berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang menjadi alergi. Sampai saat ini para ilmuwan masih mempertanyakan kemungkinan penyebab alergi jika sebelumnya Anda tidak pernah menderita alergi dan sekarang Anda menderita reaksi alergi untuk jenis makanan yang sama. Tetapi diduga beberapa kemungkinan penyebabnya adalah :

    • Daya tahan tubuh yang menurun
    • Kondisi makanan yang tidak segar
    • Adanya kandungan zat lain di dalam makanan
    • Riwayat alergi di dalam keluarga
    Jika alergi sudah menimbulkan keluhan gatal dan muka menjadi bengkak, disarankan untuk menemui dokter untuk dilakukan pemeriksaan apakah benar Anda alergi terhadap ayam atau zat lain. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, cek darah, dan juga tes tusuk kulit untuk mengetahui substansi atau zat apa yang membuat Anda menjadi alergi. Bila reaksi alergi sudah menimbulkan keluhan muka bengkak, sangat ditakutkan terjadinya reaksi pada bagian tubuh lain seperti saluran napas yang menyempit sehingga kesulitan untuk bernapas. Penyempitan saluran napas pada reaksi alergi dapat berakibat fatal. Untuk saat ini disarankan untuk menghindari memakan daging ayam dan bila reaksi alergi muncul segera minum obat anti histamin seperti CTM dan selanjutnya temui segera dokter Anda. Silahkan baca artikel berikut tentang alergi Semoga membantu, dr. Tri