Tanya Dokter

  • solusi alergi akibat memakai perhiasan berbahan besi

  •  FitrYa DaFit
    Anggota

    Assalamu'alaikum dok, mau tanya, kenapa ya kalau saya memakai perhiasan seperti jam tangan, cincin dan yang lainnya dari besi, kulit saya jadi alergi dan gatal-gatal. Berbeda menggunakannya dari emas/gram, Kulit saya tidak alergi. Itu kenapa ya dok? Apa bedanya dari emas/besi? Apakah ada cara kalau saya memakai yang dari besi terhindar dari alergi? Sekian wassalamualaikum wr.wb.

    Hai,   Rasa gatal yang timbul akibat kontak dengan besi biasa dikenal dengan istilah dermatitis kontak. Ini diakibatkan karena kontak antara besi dengan kulit. Logam yang paling sering menyebabkan alergi adalah terdapatnya kandungan nikel (salah satu jenis logam) pada beberapa produk seperti tali jam tangan, perhiasan dari logam besi,  gesper/ ikat pinggang, bingkai kacamata, kancing baju/ celana, jepit rambut dll. Nikel merupakan  logam berwarna putih yang biasanya digunakan sebagai campuran pada logam lain  terutama perhiasan. Berbeda dengan emas yang tidak mengandung nikel maka biasanya jarang sekali kasus seseorang alergi terhadap emas. Untuk mencegah alergi akibat menggunakan perhiasan dari bahan besi maka Anda bisa melakukan :

    1. Meminta perhiasan besi Anda dilapisi / dichrom dengan emas.
    2. Membeli perhiasan dengan tanda hipoalergenik.
    3. Menggunakan perhiasan dari perak yang tidak mengandung nikel /  stainless steel tanpa nikel.
    4. Membeli perhiasan emas asli minimal 18 K.
    5. Hindari menggunakan perhiasan besi secara terus menerus, gunakan hanya pada saat tertentu saja.
    6. Hindari penggunaan lotion, sabun mandi, parfum pada perhiasan besi Anda.
    Alergi yang telah terlanjur Anda derita bisa Anda obati dengan menghentikan penggunaan perhiasan, memberikan lotion calamin untuk mengurangi gatal, dan menggunakan salf khusus antiradang dan anti alergi yang bisa Anda dapatkan dari pemeriksaan ke dokter. Jika gejala Amlergi Anda memburuk / merambat ke tempat lain/meluas maka segera hubungi dokter Anda untuk memeriksakan diri secara langsung dan mendapatkan pengobatan yang sesuai keluhan Anda. Baca topik Dermatitis Kontak. Semoga membantu.   dr. Yusi