Tanya Dokter

  • Alergi saat tengah malam dan subuh

  •  chrystievi
    Anggota

    hi dokter,

    saya uda beberapa bulan terakhir mengalami alergi dan terjadi saat tengah malam dan subuh. Kadang2 saya makan hal tertentu bisa tidak alergi tapi kadang2 bisa. Saya sudah cek ke beberapa dokter memang saya positif alergi setelah cek darah. Saya juga sudah rutin mengkonsumsi obat dari dokter saya namun ketika saya berhenti mengkonsumsi karena saya kira sudah sembuh dan tidak ingin bergantung dengan obat eh alergi saya muncul lagi. Sampai saat ini saya tidak tahu penyebab alergi saya. Saya juga sudah mencoba satu2 makanan penyebab alergi namun hasil tidak ada. Dan sekarang saya hanya mengkonsumsi CERINI apabila alergi saya kambuh. (Alergi saya gejalanya bercak besar merah2 diikuti rasa gatal yang hebat. Terutama di bagian leher merahnya hampir menyelimuti seluruh leher. Apa dokter bisa kasi saran saya harus gimana? Apakah mengkonsumsi CERINi ada efek samping? Karena akhir2 ini saya mengalami insomnia yang parah. Mohon bantuannya. Thanks.

    chrystievi  chrystievi
    Anggota

    Kenapa tidak ada dokter yang menjawab? Saya lihat pertanyaan orang lain semua baru mendapat balasan. Saya punya belum dijawab.

    chrystievi  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam Bercak merah yang terjadi pada kulit dapat disebabkan oleh beberapa hal diantara nya adalah :

    Urtikaria atau sering disebut dengan biduran, berkaitan dengan alergi, biasa dicetuskan oleh hal-hal tertentu diantaranya udara dingin, debu, serbuk tanaman, makanan atau obat. Secara tiba-tiba setelah terpajan pemicu, akan muncul bentol-bentol merah berbentuk pulau yang terasa gatal. Namun gejala akan menghilang dengan sendiri nya dalam beberapa jam. Pengobatan utama dengan obat anti alergi dan mencarit ahu pemicu serta menghindari nya. Infeksi jamur terdapat beberapa macam, namun secara keseluruhan berbentuk plak kemerahan dengan pinggir tidak rata yang terus melebar dan menyebar ke bagian tubuh lain, biasanya terasa sangat gatal. Ekzim atau dermatitis, penyakit kulit akibat alergi, berbentuk plak kemerahan yang terasa sangat gatal. Berhubungan dengan faktor pemicu alergi. dapat terjadi di mana saja, namun paling sering di lipat siku danlipat lutut atau di bagian tungkai atas dan bawah. Pytiriasis rosea berupa plak-plak kemerahan berbentuk oval atau bulat paling sering terjadi di punggung, dengan gambaran lesi utama yang beberapa hari kemudian diikuti munculnya lesi-lesi anak, biasanya tempat lesi mengikuti garis tulang sehingga terlihat seperti pohon cemara terbalik. Psoriasis adalah penyakit berhubungan dengan sistem kekebalan atau autoimunitas. Ruam berupa plak menonjol berwarna merah disertai sisik putih seperti mika, paling sering terjadi di kepala, leher belakang, lutut dan siku. Tergantung dari usia, faktor pemicu muncul dan hilangnya serta apakah bercak menetap atau hilang timbul. Perlu pula dilihat karakteristik lesi/bercak pada kulit untuk bisa mengarahkan penyebab terjadinya. Sebaiknya anda periksa diri ke dokter spesialis kulit yang memang memahami berbagai bentuk masalah kulit, agar dapat dilihat dan diperiksa secara langsung, serta dilakukan pemeriksaan tambahan untuk menunjang penegakkan diagnosis. Mengenai obat tersebut, mengandung CETIRIZINE yang merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi alergi. Obat tersebut cukup dikonsumsi saat gejala alergi muncul. Efek samping yang dapat ditimbulkan paling utama adalah menyebabkan rasa kantuk, lelah, gangguan penglihatan, rasa berdebar-debar, gelisah, mulut kering, gemetar, mual, konstipasi, sakit kepala, pusing, namun dapat juga menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia. JIka gejala insomnia anda rasakan sejak konsumsi obat ini, maka anda dapat mencoba menghentikan sementara konsumsi obat dan memperhatikan apakah masih ada gejala insomnia atau tidak, jika tidak maka besar kemungkinan insomnia disebabkan oleh obat tersebut. Silahkan mengkonsultasikan dengan dokter anda mengenai efek samping tersebut dan diskusi kan apakah bisa diganti dengan obat lain. Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat bermanfaat.