Tanya Dokter

  • alergi AC

  •  Kirana Arshi
    Anggota
    Mlm dok, dok.. aku biasa tinggal tmpt dingin, bkn kulkas tapi, hehe.. n skrg ku tinggal d kota yng sangat2 panas,otomatis hrs sllu pke AC..tp tiap pk ac k body jd ga enak dok, msuk angin kdang,, trs pusing, pgal2 , ksemutan, kulit kering.. tp klo ga pk ac pnasnya kbangetan.. pke kipas angin jg sm bkin masuk angin jg. Gmn y dok solusinya????

    Halo Kirana.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa secara umum AC atau kepanjangannya adalah Air Conditioner merupakan suatu rangkaian mesin yang memiliki fungsi sebagai pendingan udara.

    Penggunaan AC yang terus menerus tidak dianjurkan oleh karena dapat membuat kulit dan mata menjadi kering dan juga terjadinya penumpukan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan timbulnya gejala - gejala penyakit, diantaranya adalah : demam / meriang, sakit kepala, pegal linu, pusing, dll.

    Solusi untuk mencegah timbulnya keadaan ini yaitu dengan cara membersihkan AC secara teratur dan selingilah penggunaanya dengan membuka jendela pada pagi dan malam hari. Hal ini dimaksudkan untuk adanya pertukaran udara sehingga penumpukan bakteri yang sudah disebutkan sebelumnya tidak terjadi.

    Selain itu cobalah untuk melakukan pola hidup sehat, dengan cara : makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 liter perhari, perbanyak konsumsi buah dan sayur, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, tidur dan istirahat yang cukup, STOP MEROKOK dan jangan minum minuman keras.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    LANGKAH MENUJU POLA HIDUP SEHAT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati

    Kirana Arshi  Kirana Arshi
    Anggota
    terimaksh dokter ats jwbn n pnjelasannya.. jlas skli n mmbantu :)