Tanya Dokter

  • Penyebab bersin setiap pagi hari

  •  Nisa Yuhana
    Anggota
    Dok saya nisa usia 21tahun.saya sudah sejak lama sering mengalami bersin bersin setiap pagi hari atau ketika cuaca dingin, juga disertai flu dadakan hingga cairan hidung yang keluar nampak putih dan encer.Ketika bersin terkadang agak terasa nyeri ke dada.Dan juga kalau mandi disaat cuaca dingin saya mudah sekali masuk angin dan sakit kepala.Apa yang sebenarnya terjadi dok ? Ini semacam alergi atau apa ? Apa yg harus saya lakukan dan bagaimana penyembuhannya ? karna semakin lama terasa mengganggu sekali

    Halo, Nisa. Bersin yang sering dipagi hari yang hampir dialami tiap hari bisa jadi merupakan respon alergi.  Respons alergi banyak macamnya. Proses ini dapat menyebabkan gatal, mata berair, bersin, dan gejala serupa lainnya. Sering bersin pada pagi hari, cuaca dingin dan beberapa kondisi bisa disebabkan oleh alergi. Kondisi ini dalam dunia medis disebut juga dengan Rhinitis Alergi. Rhinitis alergi adalah keadaan dimana  alergi terhadap unsur seperti debu, serbuk sari, dan cuaca dingin. Rhinitis alergi adalah salah satu jenis rhinitis (radang membran hidung) yang muncul ketika Anda terpapar alergen. Ini adalah reaksi berlebihan tubuh dalam merespon alergen. Seringnya gejala yang terjadi adalah bersin bersin lama pada keadaan cuaca dingin. Gejala paling umum rhinitis alergi adalah:

    • Bersin dipagi hari sangat sering.
    • Pilek dan flu
    • Gatal pada hidung, mata, tenggorokan, kulit.
    • Batuk
    • Hidung tersumbat
    • Tenggorokan gatal
    • Mata berair
    • Lingkaran hitam di bawah mata

    Nyeri pada dada dapat disebabkan oleh tarikan pada dinding dada saat bersin. Sehingga menyebabkan nyeri. Prinsip pengobatan alergi adalah menghindari agar alergi tidak kambuh lagi.
    Untuk mencegah kambuhnya rhinitis alergi, Anda harus menghindari alergen penyebab rhinitis alergi. Rhinitis dapat dicegah dengan menghindari pemicu yang dapat menyebabkan timbulnya gejala rhinitis, seperti menghindari lingkungan yang dingin dan berdebu banyak. Anda bisa mensiasatinya dengan menghangatkan diri dipagi hari dengan mandi air panas dan sebagainya agar tidak telalu memperparah kondisi bersin bersin. Anda juga harus meningkatkan daya tahan tubuh agar alergi tidak gampang kambuh.

    Apabila keadaan sudah sangat mengganggu, Anda dapat memeriksakan diri kepadadokter spesialis THT agar dilakukan pemeriksaan secaralebih lengkap dengan menggunakan alat THT. Pengobatan unuk rhinitis biasanya adalah dengan memberiksan antihistamin, dekongestan dan stroid yang disemprotkan ke hidung, namun pengobatan ini tergantung dari kondisi dan gejala dari pasien.  Sementara itu anda juga dapat melakukan tes alergi pada dokter spesialis kulit untuk memastikan alergi Anda.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S