Tanya Dokter

  • Pengobatan alergi berkepanjangan

  • malam dok

    sy mau tanya, saya dari TK sampai sekarang suka alergi yang sering dibilang orang biduran, saya mulai alergi muncul bentol bentol dikulit saya banyak faktornya misal kena sinar matahari dan kalau saya lagi banyak pikiran, dulu bisa 3 bulan atau bahkan saya sampai lupa kalo alergi tsb tidak muncul lagi tetapi belakangan ini saya setiap 2 hari sekali kambuh bentol bentol seperti itu dan setiap kambuh akhirnya saya konsumsi cetirizine hcl dan 2 hari kemudian kambuh lagi. jaman dahulu saya cuma minum ctm dan sekarang menurut saya tidak berpengaruh. banyak teman saya menyarankan untuk terapi calcium apa itu akan berpengaruh??? karena saya tipe orang yang pelupa untuk minum obat setiap hari. mohon penjelasannya

    fb-arinilintuuran  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Arini, Biduran merupakan suatu istilah mengenai reaksi yang menyebabkan timbulnya gatal dan perubahan pada kulit seperti bilur atau ruam. Biduran dapat disebabkan oleh paparan dengan alergi dimana penyebab alergi dapat bermacam-macam seperti:

    • Bulu binatang
    • Makanan tertentu seperti kacang, cokelat, telur, gandum, susu, ikan, produk laut, ataupun lainnya
    • Bahan tambahan pada makanan seperti penyedap rasa, perwarna, pengawet, pengental dan lainnya
    • Gigitan serangga
    • Faktor lingkungan seperti cuaca, air, sinar matahari ataupun lainnya
    • Stres
    • Infeksi ataupun penggunaan obat-obatan
    Pada masing-masing orang pemicu tersebut dapat berbeda-beda, untuk itu amat penting untuk memperhatikan paparan atau hal apa yang menyebabkan biduran timbul. Pengobatan yang dilakukan adalah untuk mengatasi gejala yang ada tetapi tindakan yang paling tepat agar tidak timbul berulang adalah mengetahui paparan penyebab timbulnya biduran dan menghindarinya. Pengobatan yang dapat diberikan seperti obat antihistamin (CTM, loratadine, cetirizine, dll) ataupun kortikosteroid (prednisone, metilprednisolone,dll). Jika sudah timbul lama sebaiknya periksakan diri pada dokter atau dokter ahli kulit dimana nantinya dapat dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan tambahan seperti tes darah dan tes alergi untuk mencari tahu zat penyebab dari timbulnya gejala. Hindari menggaruk ketika timbul gatal dan ruam, hindari menggunakan sabun dengan bahan kimia keras, cari tahu dan hindari pemicu biduran dapat membantu untuk meredakan gejala dan menghindari gejala timbul berulang. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.