Tanya Dokter

  • Alergi Cream

  • Dok, saya mau tanya.. Saya hbs pkai cream wajah, sekarang wajah saya merah merah agak bengkak.. Apa solusinya dok?

    Hai, Penggunaan beberapa jenis krim wajah memberikan efek kemerahan pada kulit, perih, dan mengelupas. Hal ini perlu dibedakan dengan reaksi alergi yang terjadi akibat penggunaan krim wajah. Reaksi alergi akan memberikan gejala berikut ini:

    • Kulit berwarna kemerahan
    • Terasa gatal, panas, perih dan nyeri
    • Kulit bengkak
    • Bila dipegang kulit dapat terasa panas
    Bila Anda mengalami reaksi alergi akibat pemakaian krim wajah, sebaiknya segera hentikan pemakaian krim wajah tersebut. Penanganan pada alergi kulit meliputi pemberian obat kortikosteroid dalam bentuk topikal/salep untuk meredakan peradangan pada kulit. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter kulit di kota Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan memeriksa kondisi kulit Anda dan keluhan kemerahan yang timbul, serta menentukan penanganan yang tepat sesuai kebutuhan. Beberapa anjuran yang dapat dilakukan:
    • Membersihkan wajah dengan sabun wajah yang lembut 2 kali sehari, lakukan dengan gerakan lembut dan perlahan-lahan
    • Hindari penggunaan sabun wajah yang mengandung scrub
    • Hindari menggosok-gosok atau menggaruk wajah karena dapat semakin memperparah iritasi kulit
    • Jika gatal atau perih terasa mengganggu, redakan dengan kompres air dingin
    • Pastikan memilih krim wajah yang telah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)
    Berikut laman artikel dengan topik yang berhubungan: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman