Tanya Dokter

  • Penyebab timbul bercak merah pada kulit dan terasa gatal

  •  Vella Zattira
    Anggota
    Saya vella 17thn. Dari kecil ibu sya overprotective kotor sedikitpun tidak bisa. Jadi saya memiliki kulit tangan bagian. Kiri di atas siku. Kulit bagian. Itu selalu saja menimbulkan bercak merah dan gatal. Ktika saya garuk menjadi bruntuusan kecil dan hanya ada dibagian kiri. Saya aja. Saya bguung kenaapa

    Halo Vella, 

    Timbul bercak ketika menggaruk disebut juga dengan dermatografisme, yang merupakan suatu jenis urtikaria, yaitu reaksi kulit karena alergi. Dermatografisme cukup umum terjadi, sekitar 2-5% dari seluruh populasi. Biasanya berhubungan dengan kondisi medis lain yaitu eksim atau dermatitis atopi

    Kondisi yang terjadi pada Vella disebabkan karena tubuh salah mengenali benda/zat yang tidak berbahaya menjadi sesuatu yang mengancam sehingga tubuh melepaskan histamin dan menyebabkan reaksi gatal, bilur dan kemerahan. Urtikaria tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, tetapi gejalanya bisa dikontrol dengan menghindari pencetus dan dengan obat-obatan. Banyak sekali yang dapat menjadikan pencetus urtikaria ini, bisa karena udara, zat/benda pada udara misalnya bulu binatang, serbuk sari bunga, tungau debu, bahan pakaian, hingga makanan atau minuman yang dikonsumsi serta zat tambahannya seperti pengawet dan pewarna. 

    Untuk mengetahui secara spesifik apakah penyebab alergi Vella, perlu dilakukan tes alergi kulit yang disebut dengan skin test. Tes ini dilakukan dengan mengekspos kulit Vella dengan berbagai alergen dan mengetahui reaksinya. 

    Jika gejala ini berulang, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter kulit. Dokter kulit akan menentukan penanganan selanjutnya pada Vella. Sementara ini, hindari garukan karena akan memperparah gatal bahkan bisa menimbulkan luka dan infeksi sekunder. 

    Semoga bermanfaat ya, 

    dr. Mega