Tanya Dokter

  • Gatal-gatal di wajah

  • selamat malam dok, saya wahyu 24 tahun, saya mau nanya, awal mula badan saya gatal2, terus saya minum dexteem plus, sekarang saya jadi ketergantungan, kalau saya tidak minum sehari saja maka wajah saya gatal2, tapi kalau sudah minum gatal dimuka hilang, akibatnya terlalu sering minum dexteem plus muka saya jadi chubby, yang saya tanyakan bagaimana cara mengatasi ketergntungan dexteem plus + mengatasi gatal diwajah, mohon bantuanya, karena saya merasa sangat terganggu dengan keadaan pipi saya yang terlalu chubby, terima kasih

    Halo Wahyoe, Alergi merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan benda/zat asing yang dikira tubuh jahat, padahal tidak jahat. Bisa dibilang alergi ini suatu salah paham dari sel dalam tubuh manusia. Maka dari itu pengobatan alergi adalah dengan menekan sel daya tahan tubuh manusia tersebut untuk sementara. Penyebab alergi bermacam-macam, bahkan pada waktu tertentu sempat banyak manusia mengalami alergi dingin. Gejala pada alergi dingin ini seperti:

    • Muncul bilur yang terasa gatal
    • Kulit berwarna kemerahan
    • Seiring kulit menjadi hangat, gejala semakin parah
    Untuk memastikan masalah yang ada pada diri anda, sebaiknya anda memeriksakan diri dokter spesialis kulit untuk mendapat penanganan yang lebih akurat. Pengobatan pada alergi dingin cenderung hanya bersifat sementara, tidak permanen. Obat yang anda minum sudah betul, akan tetapi tidak boleh digunakan dalam waktu lama. Karena obat tersebut mengandung kortikosteroid yang dimana jika penggunaan waktu lama dapat menyebabkan efek seperti:
    • Sakit lambung
    • Katarak
    • Peningkatan tekanan darah
    • Osteoporosis
    • Sindroma Cushing
    • Dll
    Pada gejala pipi chubby anda, mungkin yang dimaksud adalah moonface atau cushing syndrome. Hal ini dapat anda baca lebih lanjut disini. Diskusi berikut ini, ini, dan ini dapat anda baca juga. Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit

    ada obat lain ndak dok yang lebih aman, tapi kok anehnya alerghinya cuma dimuka aja ya dok, kalo lebih 3 hari gak minum methylprednisolone atau dexteem plus muka jadi mirim biang keringat dan sangat gatal, terima kasih dok, mohon bantuananya

    Wahyoe Dwie Novianto  Ing Budiono
    Anggota

    Terus mas Wahyu sekarang sudah sembuh belum? Saya juga sama mengalami seperti Mas Wahyoe