Tanya Dokter

  • Cara mengatasi gatal pada kulit

  •  Rizal Azhar
    Anggota
    Halo dok. Sya sering mengalami gatal dikulit dan gatal2nya seprti sudah digigit nyamuk atw semut dan terus mnjadi bnyak dan timbul sendiri. Apakah saya alergi dingin dok? Karena gatalnya itu pada saat malam hari. Dan yg paling sering gatal itu bagian paha dan belakang smpai perut bagian tangan juga kadang muncul. Saya biasa minum obat orpen sma pronicy di kombinasikan gitu. Tapi setelah sy mnum memang gatalnya berhnti dok. Tapi berselang 1 atw 2 mnggu gatalnya datang lagi. Mohon bntuannya dok

    Halo Rizal, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan

    Bilur-bilur merah atau putih yang menyerupai gigitan serangga dan disertai rasa gatal, besar kemungkinan merupakan biduran atau urtikaria. Umumnya, bilur ini akan muncul pada salah satu bagian tubuh kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya, bahkan hingga seluruh tubuh. Sebagian besar biduran didasari oleh reaksi alergi. Berikut beberapa pencetus yang mungkin :

    • kondisi lingkungan, seperti paparan udara panas atau dingin
    • kontak langsung dengan gigitan serangga, bulu hewan, serbuk sari, tungau debu, dan penyebab alergi lainnya
    • konsumsi obat atau makanan tertentu
    • infeksi, seperti influenza

    Masing-masing individu memiliki pencetus alergi yang berbeda-beda. Untuk mengidentifikasinya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit atau THT. Dokter akan melakukan tes alergi guna menentukan penyebab alergi yang Anda alami. Perlu Anda ketahui, hingga saat ini, belum ada obat untuk menghilangkan alergi. Pengobatan bertujuan meringankan gejala yang timbul. Akan tetapi bila terpapar dengan sumber alergi, maka gejala akan kembali kambuh. Oleh karena itu, satu-satunya cara adalah menghindari paparan dengan sumber alergi.

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat ya

    dr. LIli