Tanya Dokter

  • Mengatasi gatal dan panas akibat penggunaan krim wajah

  •  Tia S
    Anggota
    Hallo Dok, Saya Sintia usia Saya 20thn. Saya salah satu pasien di Skin Care di Bandung. Nah Dok, Saya di Skin Care itu sudah 4 bulan, namun baru 3 minggu lalu diberi Krim Acne untuk pertama kalinya, Saya coba pertama Kali tidak apa-apa malah acne kecil di pipi Saya bilang. Namun, bbrp minggu kemudian acnenya mulainya muncul lagi di sekita pipi, Saya coba pakai Krim tersebut tapi bukannya sembuh, acnenya malah menyebar (belum pernah Saya mengalami ini), Saya malah gatal-gatal dan panas Dok. Kemarin Saya bertemu dokter kulit saya, akhirnya diberhentikan semua Krim wajahnya dan disuruh untuk lanjutkan facial wash dan diberi serum acne malam, lalu kemarin diberi treatment yaitu chemical peeling acne, tapi sampai sekarang gatal dan panasnya semakin terasa Dok. Bagaimana yah dok mengatasinya? Saya tidak kuat dengan rasa gatal dan merah-merahnya

    Dear Sintia,

    Bintik-bintik yang terasa gatal dan panas pada waja dapat diakibatkan oleh:


    Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit di mana dokter akan menganalisis gejala dan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Tes penunjang seperti tes alergi bisa dokter rekomendasikan. Terapi yang sesuai akan dokter berikan.

    Tips berikut ini dapat Anda lakukan:

    • hindari menekan atau menggaruk bagian yang sakit dan berbintik
    • hentikan untuk sementara penggunaan semua produk kosmetik di wajah
    • fokus pada terapi penatalaksaan keluhan Anda sesuai arahan dan resep dokter
    • konsumsi makanan bergizi seimbang dengan teratur
    • perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran


    Artikel yang bisa Anda baca:

    Ruam kulit

    Semoga bermanfaat,

    dr. Rony