Tanya Dokter

  • Apakah alergi saya merupakan efek samping konsumsi obat?

  •  gelaskaca
    Anggota

    Mau tanya dok,, sya didiagnosa dokter menderita penykit gondok beracun, sdh 3 bulan ini sya mengkonsumsi obat yakni propranolol dan yang satunya lg tdk ada mereknya, bentuknya bulat besar warnah putih... bulan pertama sya di beri dosis 3x2/hari, bulan ke 2dan3 dosisnya dikurangi 2x1/hari. Beberapa hari ini sya mengalami alergi gatal2 pada kulit, terutama saat sya hbs makan makanan yg pedas atau habis beraktifitas yg mengeluarkan banyak keringat.. Muka jd kemerahan (seperti alergi keracunan makanan), biasa jg muncul benjolan di tubuh (seperti digit serangga).. biasanya gejala ini hilang dengan sendirinya, 20-30 menit.. Kira2 gejala ini ada pengaruhnya dari obat yang saya minum atau penyakit yg sya derita???

    Hai Adanya bentol disertai gatal pada kulit kemungkinan akibat dari reaksi alergi. Ada beberapa literatur yang mengatakan adanya penyakit hipertiroid (kadar hormon tiroid tinggi/tiroid toxic) akibat autoimun yg disebut penyakit Grave's dapat meningkatkan terjadinya respon alergi sehingga memudahkan terjadinya reaksi alergi, selain itu dengan adanya hipertiroid dapat menyebabkan banyaknya keringat sehingga memudahkan terjadinya alergi kulit akibat biang keringat. Kemungkinan lain yang mungkin adalah alergi terhadap obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter yang merawat Anda untuk diberikan penjelasan lebih lanjut. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william