Tanya Dokter

  • Gatal pada kulit, panas dan kemerahan terutama saat terpapar sinar matahari

  •  Aji Wahjoe's
    Anggota
    Dok mau tanya, knapa ya kulit dibagian atas tangan saya selalu gatal², panas dan kemerahan kalau terkena sinar matahari. Ada yg bilang kulit saya sensitif dan bahkan bilang kanker kulit, tp saya kurang yakin kalau belum dapat jawaban dari ahlinya.

    Haloo Aji,

    Dermatitis sendiri merupakan peradangan kulit yang manifestasinya berupa ruam kemerahan pada kulit, kulit kering, bintik-bintik kecil pada kulit yang dapat terasa gatal maupun perih, dan masih banyak lainnya. 

    Terdapat sebuah kondisi yang mirip dengan keluhan Anda, ini dikenal dengan dermatitis foto kontak alergi (DFKA). Dermatitis ini merupakan suatu bentuk dari reaksi alergi/hipersensitivitas tipe IV (tipe lambat). Secara sederhananya dapat kita katakan bahwa dermatitis ini merupakan peradangan pada kulit yang muncul setelah terpapar oleh cahaya matahari. Ada serangkaian proses untuk menimbulkan DFKA, yang didahului dengan proses sensitisasi terhadap suatu antigen (hapten) di kulit ketika terpapar sinar UV. Pada waktu berikutnya dimana antigen yang sama terpapar kembali dengan sinar UV, maka muncullah gejala-gejala DFKA.

    Antigen/alergen eksogen (yang berasal dari luar tubuh seperti kosmetika) merupakan antigen yang berperan penting untuk terbentuknya antigen stabil yang dapat mencetuskan gejala DFKA. Penyebab paling banyak dilaporkan adalah tabir surya (satu atau lebih komposisi tententu dalam tabir surya). DFKA juga dapat terjadi pada kasus dimana tabir surya dioleskan pada kulit yang masih mengalami peradangan tertentu. Adapula agen lain yang menjadi faktor risiko DFKA antara lain antibiotika, obat anti jamur, parfum dan lain sebagaina. Pada individu tertentu, bahan dalam agen-agen tersebut memicu terjadinya dermatitis tersebut. Kepekaan individu terhadap cahaya (sinar UV) juga berbeda-beda sehingga tidak semua individu akan mengalami hal serupa meskipun dengan pemakaian produk yang serupa. Pada beberapa individu yang sensitif dikenal dengan photosensitive patient.

    Gejala DFKA sendiri umumnya gatal pada area kulit yang sering terpapar cahaya matahari, misalkan wajah, leher, lengan maupun tangan. Di samping itu dapat pula muncul bintik-bintik kemerahan, bentol-bentol, atau manifestasi lainnya pada kulit. 

    Untuk mencegah gejala-gejala tersebut muncul, maka menghindari alergen yang menjadi pemicu sebaiknya dilakukan. Dengan kata lain menghindari bahan-bahan yang Anda duga memicu reaksi alergi tersebut, seperti lotion tabir surya, atau obat-obatan tertentu. Memang akan lebih baik diupayakan suatu pemeriksaan dikenal sebagai photopatch testing, yakni dengan menempelkan suatu set alergen (beberapa alergen yang sering jadi pemicu) pada punggung dan disinari dengan sinar UV. Dari sana akan dinilai reaksi alergi, bahan/alergen mana yang menjadi pemicunya.

    Pengobatan untuk DFKA sendiri biasanya berupa kortikosteroid disertai dengan beberapa obat untuk meredakan gejala seperti obat antigatal.

    Terkait pernyataan Anda mengenai kanker kulit, Anda dapat menyimaknya pada link berikut:

    Kanker Kulit

    Untuk informasi lebih baik, Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit (Sp.KK).

    Semoga membantu, terima kasih