Tanya Dokter

  • Penyebab mata kemerahan dan kotor

  •  Veronica Ikha
    Anggota
    Ass.. mlm dok,,sya mau nnya , anak sya umur 3 tahun, dy terkena alergi debu pada matanya,, apabila kambuh mata nya jadi merah dan kecoklatan,, slalu di kucek2 , dan akhirnya merah, terkadang d saat mlm air yg menetes berwarna coklat,sperti debu, sya udh brobat k spesialis mata,tp ga ada perubahan , 'dok apa ada solusi nya,apa dokter tau nama obat yg hrus d pakai ank sya,dan apakah bisa sembuh mata ank saya,, 'Dok minta solusinya,, waalaikum salam. Terima kasih sdokter,,

    Halo Veronica, terima kasih atas pertanyaannya. Mata merupakan organ penglihatan penting bagi kita. Bola mata terdiri dari berbagai bagian. Bagian putih pada mata disebtu dengan konjungtiva. Pada konjungtiva terdiri dari banyak pembuluh darah halus. Peradangan pada konjungtiva disebut dengan konjungtivitis. Pada kondisi terjadi peradangan akan terjadi pelebaran pembuluh darah sehingga muncul kemerahan pada mata.

    Konjungtivitis bisa disebabkan infeksi juga alergi. Konjungtivitis infeksi bisa disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Pada infeksi bakteri atau virus akan muncul banyak kotoran mata. Kotoran mata yang pekat dan keputihan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, sementara kotoran yang encer dan bening biasanya disebabkan oleh infeksi virus.

    Sementara konjungtivitis akibat alergi akan menyebabkan mata merah dan berair, namun gejala yang paling menonjol adalah rasa gatal pada mata yang tidak tertahankan. Konjungtivitis alergi bisa dipicu oleh berbagai hal seperti debu, sinar matahari hingga cuaca. Segala sesuatu yang disebabkan oleh alergi tidak dapat disembuhkan melainkan hanya bisa dikontrol agar tidak kambuh. REaksi alergi dapat dihindari dengan menghindari alergen (pemicu alergi). Pengobatan biasanya digunakkan untuk meredakan reaksi alergi yang terjadi serta meminimalisasi kekambuhan yang akan timbul. Penggunaan obat sembarangan justru akan memperburuk kondisi atau justru memicu timbulnya reaksi alergi pada mata. Pada kondisi ini Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mata terdekat mengenai terapi-terapi apa yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi munculnya alergi. Sementara itu Anda dapat melakukan kompres mata  dengan handuk dan air dingin untuk mengurangi gejala yang timbul, hindari mengucek mata karena akan memperberat reaksi alergi serta jaga kondisi lingkungan dari pemicu alergi. Apabila anak Anda alergi terhadap debu maka kebersihan lingkungan rumah harus selalu terjaga.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa